Kolaborasi UMN dan Gramedia Ciptakan Wahana Permainan Interaktif

Kompas.com - 02/04/2019, 20:13 WIB
UMN bekerja sama dengan Gramedia menciptakan permainan interaktif dalam wahana ?Our Happy Place? di Gramedia World Harapan Indah Bekasi (29/3/2019). Dok. UMNUMN bekerja sama dengan Gramedia menciptakan permainan interaktif dalam wahana ?Our Happy Place? di Gramedia World Harapan Indah Bekasi (29/3/2019).

 

KOMPAS.com - Universitas Multimedia Nusantara ( UMN) bekerja sama dengan Gramedia menciptakan permainan interaktif dalam wahana “Our Happy Place” di Gramedia World Harapan Indah Bekasi.

Wahana kolaborasi UMN dan Gramedia ini bertujuan meningkatkan kreativitas anak melalui permainan interaktif menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) di mana anak-anak dapat memproyeksikan obyek dua dimensi menjadi tiga dimensi.

Wahana “Our Happy Place” (OHP)­ di Gramedia World Harapan Indah Bekasi diresmikan pada Jumat, 29 Maret 2019. Di dalamnya, terdapat tujuh area bermain yakni; OHP Garden, Dream House, Shoot Station, Die Cast, Sand and Bricks, dan Mandi Bola. 

Permainan edukatif

Wahana ini memiliki konsep bermain, beraktivitas dan belajar, wahana ini berada di bawah naungan Gramedia Kids dengan target anak-anak usia 3-12 tahun.

Dosen program studi (prodi) Film UMN Andrew Willis menjelaskan dalam kerjasama dengan Gramedia, UMN melalui UMN Pictures (UMNP), unit studio produksi di bawah naungan UMN, berperan sebagai software developer.

Baca juga: Comnews UMN 2019: Dominasi Generasi Milenial di Era Digital

“UMN Pictures menggunakan konten Gramedia untuk dijadikan sebuah permainan interaktif dan juga edukatif. Kami membuat coding beserta desain permainannya,” jelas Andrew.

Andrew menambahkan pembuatan karya ini ditujukan untuk memberikan pengalaman unik, inovatif dan edukatif bagi masyarakat, khususnya anak-anak. 

Tak hanya itu, alumni UMN terlibat dalam proses pembuatan karya ini pun mendapatkan pengalaman baru.

Eksperimen lintas ilmu

“Diharapkan bisa menjadi benchmark dalam aplikasi ilmu lintas disiplin (cross disciplinary), sehingga alumni UMN lebih berani bereksperimen di luar ilmu yang mereka tekuni dan membuka peluang-peluang inovasi yang baru,” tambah Andrew.

Salah satu alumni UMN yang terlibat dalam pembuatan karya ini adalah Hadi Purnomo. Lulusan prodi DKV (Desain Komunikasi Visual) peminatan Interaction Design UMN  berperan sebagai programmer.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X