Benarkah UI Melakukan Pendataan Mahasiswa Muslim Baru?

Kompas.com - 07/05/2019, 07:52 WIB
Ilustrasi Data Form UKM Salam UIDok. FB Ilustrasi Data Form UKM Salam UI

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu sempat beredar survei bertajuk "Pendataan Muslim UI 2019" di media sosial.

Dengan format google forms, survei ini mengajak generasi baru muslim Universitas Indonesia (UI) untuk mengisi beberapa pertanyaan mulai dari pertanyaan bersifat umum seperti nama, peminatan di kampus hingga pertanyaan khusus seperti kegiatan mentoring keagamaan/liqo dan hafalan Quran.

Terkait hal itu, Rektor UI Prof. Muhammad Anis langsung memberikan klarifikasi melalui Surat Edaran Resmi UI (6/5/2019) dengan Nomor: SE-602/UN2.R/HKP.00.012019.

Dikutip dari surat edaran tersebut, ada beberapa klarifikasi disampaikan Rektor UI yakni;

1. Rektor UI menjelaskan bahwa "Data Mahasiswa Baru Muslim" bukanlah form isian yang wajib diisi oleh semua mahasiswa baru muslim tetapi diisi bagi mahasiswa baru muslim yang ingin bergabung dengan Salam UI, salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UI.

Baca juga: Kisah Arul, Anak Tukang Las & Penyapu Jalan Diterima Kedokteran UI

2. Terkait "Data Mahasiswa Baru Muslim" yang dianggap telah menimbulkan kesalahpahaman yang meluas, Rektor UI mengharuskan survei tersebut ditarik dan tidak lagi diedarkan sampai adanya perbaikan terhadap isi dan tampilan dari form tersebut, antara lain:

  • Form tersebut harus mencantumkan logo UKM Salam UI
  • Form harus mencantumkan "bahwa form diisi hanya oleh mahasiswa baru muslim yang berminat bergabung dengan UKM Salam UI
  • Form tersebut harus mencantumkan judul form yang tidak menimbulkan interpretasi bahwa form tersebut adalah pendataan seluruh mahasiswa baru muslim UI.

Rektor UI berharap dengan adanya surat edaran ini tidak ada lagi kebingungan dan kesalahan persepsi bagi mahasiswa baru UI yang sedang dan akan menjalankan proses registrasi.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X