Mahasiswa UMN Lanjutkan Tradisi Gelar Juara "Duta Bahasa Banten"

Kompas.com - 20/06/2019, 14:28 WIB
UMN mengirimkan lima mahasiswa mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten 2019, diantaranya Habel Elia, Angelia Rosta, Ruben Irwandi, Edeline Michelle Damayanti, dan Evelyn Saraswati Hutani. Dok. UMNUMN mengirimkan lima mahasiswa mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten 2019, diantaranya Habel Elia, Angelia Rosta, Ruben Irwandi, Edeline Michelle Damayanti, dan Evelyn Saraswati Hutani.

KOMPAS.com - Sudah tiga tahun berturut-turut, mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara ( UMN) unjuk prestasi dengan meraih gelar terbaik I Duta Bahasa Provinsi Banten. Tahun ini, gelar tersebut diraih Habel Elia Natanael Santoso, mahasiswa Strategic Communication.

Acara ini merupakan acara tahunan diselenggarakan Kantor Bahasa Banten, sebuah unit pelaksana teknis (UPT) di bawah Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud.

Duta Bahasa terpilih diharapkan mampu menjadi pelopor pengutamaan bahasa Indonesia di ruang publik. Tidak hanya itu, Duta Bahasa juga diharapkan mampu memberikan kampanye tentang literasi dan pelestarian bahasa daerah.

Tahun ini, UMN mengirimkan lima mahasiswa mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten 2019, diantaranya Habel Elia, Angelia Rosta, Ruben Irwandi, Edeline Michelle Damayanti, dan Evelyn Saraswati Hutani.

Baca juga: UMN Buka Program Magister Manajemen Teknologi Pertama di Indonesia

 

Selain Habel, Angelia Rosta juga terpilih menjadi Terbaik III Putri. Ruben dan Edeline berhasil tembus ke babak lima besar, serta Evelyn berhasil berjuang hingga di babak sepuluh besar.

Melaju ke tingkat nasional

Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten 2019 berlangsung pada Sabtu-Minggu, 15-16 Juni 2019 di Hotel Puri Kayana, Kota Serang.

Setiap peserta terpilih melalui rangkaian tahapan: mulai dari seleksi administrasi, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Uji Wawasan Kebahasaan, Uji Wawasan Berbahasa Asing, hingga wawancara, presentasi program kebahasaan, dan unjuk bakat.

Unggul dari keempat puluh finalis lain, Habel melanjutkan kompetisi di Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2019 bersama Helena Setya Utami peraih Terbaik I kategori Putri pada Agustus mendatang.

Tradisi juara "Duta Bahasa"

“Saya sangat senang dan bersyukur. Ini merupakan sebuah anugerah dan kesempatan, bisa mengemban tugas yang luar biasa, yaitu menjadi Terbaik I Duta Bahasa Provinsi Banten 2019,” ungkap Habel seperti dilansir dari rilis resmi UMN.

“Selain menyiapkan diri menuju tingkat nasional, saya bersama pasangan saya akan membantu Kantor Bahasa Banten untuk melakukan program kerjanya. Di samping itu, kami juga ingin melakukan sebuah gerakan berbahasa yang nantinya akan segera dilaksanakan,” jelas  UMN ini.

Terpilihnya Habel menambah panjang daftar mahasiswa UMN diutus ke Pemilihan Duta Bahasa Nasional selama tiga tahun berturut-turut. Tahun sebelumnya, mahasiswa Jurnalistik UMN Wirawan menjadi perwakilan Banten di tingkat nasional. Pada 2017, mahasiswi Jurnalistik UMN Diana Valensia terpilih menjadi utusan provinsi Banten.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X