Kompas.com - 17/08/2019, 15:16 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan, guru merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Proses menyiapkan SDM unggul dalam konteks dunia pendidikan, baik sekolah umum maupun madrasah, tentu tak lepas dari peran guru.

“Tidak bisa tidak, yang pertama-tama harus dibenahi adalah kualitas para gurunya,” kata Muhadjir pada acara malam penganugerahan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan program pendidikan untuk Kabinet Kerja periode kedua di Komplek Parlemen.

Baca juga: Pidato Presiden: Pendidikan Harus Tanamkan Daya Pikir Kritis

Jokowi menekankan pentingnya meningkatkan kualitas SDM. Dengan adanya perbaikan di sektor pendidikan, SDM Indonesia diharapkan unggul baik secara kompetitif maupun komparatif ketika disandingkan dengan SDM negara lain.

Indonesia, kata Jokowi, akan berada di puncak periode bonus demografi antara tahun 2020 hingga 2024. Bangsa Indonesia bakal mampu menghadapinya jika serius meningkatkan kualitas SDM.

“Jika kita lebih fokus mengembangkan kualitas SDM dan menggunakan cara-cara baru maka saya yakin bonus demografi menjadi bonus lompatan kemajuan,” kata dia.

Presiden Jokowi mengatakan, lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan perlu melakukan pembenahan secara besar-besaran agar mampu menghadapi perubahan.

Pasalnya, SDM berkualitas unggul dibutuhkan dalam menghadapi persaingan dunia yang semakin ketat dan disrupsi di berbagai bidang.

Jawaban atas tantangan jaman

Terkait permintaan Presiden Jokowi tersebut, Muhadjir Effendy mengatakan saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sedang menggalakan program pembenahan guru. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.