KILAS

Lewat KJMU, Pemprov DKI Ingin Pelajar dapat Akses Pendidikan Perguruan Tinggi

Kompas.com - 30/10/2019, 22:20 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan beasiswa dalam bentuk Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) kepada 5.061 mahasiswa ber-KTP Jakarta yang kurang mampu. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan KJMU secara simbolis di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (30/9/2019). KOMPAS.COM/NURSITA SARIPemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan beasiswa dalam bentuk Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) kepada 5.061 mahasiswa ber-KTP Jakarta yang kurang mampu. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan KJMU secara simbolis di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (30/9/2019).

KOMPAS.com - Bantuan dana pendidikan yang diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ternyata tidak hanya menyasar anak usia sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, tetapi juga mahasiswa di perguruan tinggi.

Program pemberian bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan tersebut diberikan dalam bentuk pembagian Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU).

KJMU ditujukan bagi calon atau mahasiswa perguruan tinggi negeri ( PTN) dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik.

Dengan program yang dibiayai penuh dari dana Angggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta pelajar dapat meningatkan akses dan kesempatan belajar di PTN. Hal ini diakui Reka Ben Alexis.

Mahasiswa semester tiga di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Jurusan Pendidikan Seni Rupa mengatakan, banyak keperluan kuliahnya bisa teratasi dengan adanya KJMU.

Baca juga: KJMU, Faslitas agar Anak Miskin Bisa Kuliah

"Fasilitas ini sangat membantu sekali bagi kami dari keluarga kurang mampu yang bertekad melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," ujar Reka saat menerima KJMU secara simbolis di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (30/9/2019) lalu.

Sementara itu, mahasiswa pemanfaat KJMU lainnya, Early Radovan menuturkan, untuk mencairkan dana bantuan pendidikan senilai Rp 1,5 juta per bulan tersebut juga sangat mudah.

"Saya memprioritaskan bantuan ini untuk kebutuhan skripsi nantinya," ujar Early, mahasiswa Jurusan Fisika, Fakultas MIPA Universitas Indonesia (UI).

Ia menambahkan, adanya KJMU sangat dirasakan manfaatnya, terlebih biaya kuliah memang tidak sedikit dan kerap tidak terjangkau oleh warga kurang mampu.

"Alhamdulillah, bisa mengurangi beban ekonomi orang tua saya pastinya," tandasnya.

Baca juga: KJP Plus, Upaya Pemprov DKI untuk Tingkatkan Kualitas SDM Jakarta

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X