Kompas.com - 07/01/2020, 13:48 WIB

KOMPAS.com - Sebuah survei melibatkan siswa sekolah dasar di Amerika Serikat mendapati, pelajaran sains di sekolah dasar rata-rata hanya dipelajari sekitar dua jam selama satu minggu.

Bahkan, di sejumlah daerah lebih kecil pelajaran sains tidak diajarkan dengan baik.

“Fokus pada pelajaran matematika dan membaca di tingkat sekolah dasar telah membuat pelajaran biologi, kimia, dan fisika hanya sedikit dipelajari,” kata Jenice Earle dari National Science Foundation di Amerika Serikat, seperti dilansir dari situs Parents.

Earle berpendapat, bahkan ketika mata pelajaran tersebut diajarkan, guru cenderung mengajarkannya sebagai formalitas dan kurang memiliki kemampuan melakukan eksperimen sains bersama anak-anak.

Padahal, sains sangat butuh eksperimen memicu minat anak sejak dini. Tak heran, bila di AS saja, kini hanya sepertiga siswa kelas 4 SD yang memiliki pemahaman kuat tentang prinsip-prinsip ilmiah.

Baca juga: 5 Cara Orangtua Membantu Anak Mengatur PR Sekolah

Untuk itu, National Science Foundation menyerukan orangtua meningkatkan minat anak terhadap mata pelajaran sains sejak kecil bila ingin anak tertarik dan jago mata pelajaran biologi, kimia, dan fisika.

Berikut sejumlah cara sederhana bisa dilakukan orangtua menumbuhkan minta anak untuk belajar sains sejak usia TK.

1. Ekstrakurikuler berperan

Menurut organisasi berita independen yang bergerak dalam bidang pendidikan AS Education Week, tiga dari empat pemenang hadiah Nobel dalam bidang sains menemukan gairah terhadap sains di luar kelas.

Karena itu, orangtua bisa mengarahkan anak mengikuti kegiatan ekstrakulikuler (ekskul) dengan fokus eksplorasi ilmiah. Sejak jenjang TK hingga sekolah menengah, kini sudah banyak sekolah menawarkan ekskul seperti robotika, klub sains, serta koding.

Mempelajari koding dapat merangsang daya analisis, pemecahan masalah, hingga kreativitas anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.