Sepeda untuk Rehan, Ketika Guru Turut Berbela Rasa bersama Siswa

Kompas.com - 26/01/2020, 11:02 WIB
Rehan bersama hadiah sepeda dari sang guru Anys Susilo dari SDN 2 Pokoh Kidul, Wonogiri, Jawa Tengah,  DOK. TANOTO FOUNDATIONRehan bersama hadiah sepeda dari sang guru Anys Susilo dari SDN 2 Pokoh Kidul, Wonogiri, Jawa Tengah,

KOMPAS.com - Banyak orang mengatakan menjadi seorang guru adalah panggilan hati, bukan sekadar pilihan profesi. Oleh karenanya, tugas menjadi guru sering kali tidak dibatasi selama jam mengajar dan di ruang kelas saja.

Pendidikan di sekolah, terutama pendidikan dasar bukan semata soal akademik. Ada banyak sisi yang harus disentuh dan dikembangkan termasuk penanaman nilai baik dan karakter.

Di balik nilai akademik, sering kali muncul banyak masalah yang dapat dilihat dari nilai siswa. Bisa faktor kemampuan, minat dan bakat atau bahkan masalah keluarga, pergaulan sosial dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Kisah Inspiratif, Sriyono Guru PAUD Penyandang Disabilitas dari Blora

Guru diharapkan tidak hanya mampu melihat nilai siswa semata akademik namun juga berani melihat dan mendengar lebih mendalam pribadi siswa, ikut berbela rasa dengan masalah siswa.

Ketika Rehan kerap membolos

Kisah inspiratif Anys Susilo, guru SDN 2 Pokoh Kidul, Wonogiri, Jawa Tengah, dapat menjadi praktik baik pendidikan gambaran tipikal guru yang lebih dari sekadar mengajar. Dia guru yang dikenal mau mendengar dan melihat masalah siswanya.

Tak jarang Anys mencaritahu latar belakang sosial, keluarga, dan orangtua untuk mengetahui masalah yang dihadapi siswa.

Kepada Kompas.com, Anys berkisah soal Rehan, salah satu siswa di sekolahnya.

Rehan siswa kelas II dikeluhkan guru kelasnya karena sering membolos. Bajunya juga selalu tampak lusuh dan kumal dengan kancing yang terbuka.

"Guru kelasnya mengeluh kepada saya dengan perilaku Rehan. Bahkan tahun lalu dia tinggal kelas karena sering membolos dan masih tidak bisa membaca," kata Anys menceritakan keluhan teman sejawatnya.

Mendengar hal itu, Anys langsung mendatangi Rehan saat sedang duduk sendirian di kelas menunggu jemputan pulang orangtuanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X