100 Hari Nadiem Makarim: Mampu Tingkatkan Rating Dunia Pendidikan

Kompas.com - 29/01/2020, 17:47 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Dok. Jilan Rifai/Biro KSHM KemendikbudMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

KOMPAS.com - Kabinet pemerintahan kedua Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah memasuki hari ke-100 sejak dilantik pada 23 Oktober 2019 lalu.

Jokowi melalui para menteri meluncurkan sejumlah kebijakan dalam segala bidang termasuk pendidikan.

Di bidang pendidikan, Jokowi memberikan posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ke Nadiem Makarim.

Seperti diketahui, Nadiem adalah menteri termuda di kabinet Jokowi, berlatar belakang pengusaha, dan banyak mendapatkan sorotan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga: Gebrakan Merdeka Belajar, Berikut 4 Penjelasan Mendikbud Nadiem

Praktisi Pendidikan dan Direktur Eksekutif CERDAS (Center for Education Regulations & Development Analysis), Indra Charismiadji mengatakan kehadiran Nadiem memunculkan kegairahan yang tinggi dari masyarakat Indonesia terhadap dunia pendidikan.

Menurutnya, selama ini dunia pendidikan bukanlah topik yang menarik untuk didiskusikan.

"Sosok Nadiem Makarim langsung meningkatkan rating dunia pendidikan," kata Indra dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com (28/1/2020).

Baginya, kegairahan masyarakat yang meningkat pada dunia pendidikan menjadi bagian yang penting dalam mengawal program pembangunan SDM unggul.

Indra menyebutkan kegairahan masyarakat terhadap dunia pendidikan menjadi suatu langkah awal yang sangat positif dan menjanjikan.

Ia menceritakan beberapa kali pernah berkomunikasi dengan Nadiem melalui ponsel maupun berdiskusi secara langsung. Ia menganggap Nadiem adalah seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan sangat tinggi, berwawasan luas, dan kemampuan komunikasi yang sangat baik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X