Mahasiswa, Ini Cara Keluar dari Zona Nyaman Kampus ala Nadiem Makarim

Kompas.com - 31/01/2020, 17:54 WIB
Pembangunan desa, seperti pemasangan paving block, berasal dari dana desa. Sejak dana desa dikucurkan, pembangunan infrastruktur sampai ke pedesaan. Tim CeritalahPembangunan desa, seperti pemasangan paving block, berasal dari dana desa. Sejak dana desa dikucurkan, pembangunan infrastruktur sampai ke pedesaan.

KOMPAS.com -  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menilai mengikuti kegiatan proyek di desa menjadi salah satu sarana mahasiswa belajar keluar dari zona nyaman (comfort zone) di kampus.

Mahasiswa akan belajar tentang Indonesia lewat aktualisasi diri di perdesaan dan mengembangkan karakter lewat kegiatan proyek desa.

"Dia (mahasiswa) keluar dari comfort zone. Dia belajar apa itu yang namanya Indonesia yang sebenarnya (lewat proyek desa)," ujarn Nadiem dalam sambutan di Forum Perguruan Tinggi Desa di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Nadiem mengatakan selama melakukan kegiatan proyek desa akan belajar bekerja dan berkolaborasi bersama mahasiswa dari program studi lain, kepala desa, dan masyarakat desa.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Luncurkan 4 Kebijakan Kampus Merdeka, Ini Penjelasannya

Mahasiswa juga nantinya akan berinteraksi dengan suku, agama, sosial budaya yang berbeda di lokasi kegiatan proyek desa.

"Ini suatu pembelajaran yang berdampak nyata fokus kepada problem yang nyata. Jadinya bukan teoritis, tapi bekerja dan kolaborasi dengan sesama," ujarnya.

Pembelajaran di kampus, lanjutnya, memungkinkan keadaan yang homogen seperti dalam hal umur, tingkat umur, dan budaya yang sama.

Ia menilai jika individu tinggal di kota akan merasa Indonesia adalah dunia yang modern karena banyak perkotaan.

"Padahal setengah dari masyarakat indonesia tinggal di desa. Jadi kalau mau dibilang apa itu Indonesia, ya di desa itu. Dan mereka (masyarakat desa) yang paling butuh pertolongan," ujar Nadiem.

Proyek Desa untuk Penguatan Karakter

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X