5 Prinsip Penerimaan Mahasiswa Baru 2020 Menurut Permendikbud 6/2020

Kompas.com - 01/02/2020, 14:45 WIB
Mahasiswa baru Universitas Negeri Gorontalo saat mengadakan kegiatan di depan rektorat KOMPAS/DOK UNGMahasiswa baru Universitas Negeri Gorontalo saat mengadakan kegiatan di depan rektorat

KOMPAS.com - Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No.6 Tahun 2020 disebutkan sejumlah aturan terkait penerimaan mahasiswa baru program Sarjana pada perguruan tinggi negeri (PTN).

Dalam pasal 2 Permendikbud No.6 Tahun 2020, salah satu topik yang dibahas ialah tentang prinsip penerimaan mahasiswa baru 2020. Menurut KBBI, prinsip sendiri merupakan asas atau pedoman yang menjadi dasar bertindak atau pelaksanaan suatu hal.

Berikut 5 prinsip yang harus diketahui oleh mahasiswa dan dilakukan oleh pihak penyelenggara dalam proses seleksi dan penerimaan mahasiswa baru 2020.

Baca juga: Informasi Daya Tampung PTN untuk Mahasiswa Baru di Permendikbud 6/2020

1. Adil

Tidak membedakan agama, suku, ras, jenis kelamin, umur, kedudukan sosial, kondisi fisik, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa, dengan tetap memperhatikan potensi dan prestasi akademik calon mahasiswa dan kekhususan Program Studi di PTN yang bersangkutan.

2. Akuntabel

Dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Fleksibel

Diselenggarakan beberapa kali dan setiap calon mahasiswa dapat menempuh paling banyak 2 (dua) kali UTBK.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Syarat Masuk PTN Berdasarkan Permendikbud 6/2020

4. Efisien

Penyelenggaraan tes masuk PTN menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pelibatan sumber daya manusia, dan fleksibilitas waktu.

5. Transparan

Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru PTN dilakukan secara terbuka dan hasil pelaksanaan diakses secara mudah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Rilis
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.