7 Alasan "Anak Sosial" Perlu Kuasai Matematika Dasar

Kompas.com - 06/02/2020, 17:10 WIB
Ilustrasi mengerjakan soal matematika francescochIlustrasi mengerjakan soal matematika

KOMPAS.com - Bagi kamu yang tidak suka pelajaran matematika, mungkin pernah berpikir untuk mengambil jurusan yang tidak ada pelajaran matematikanya. Walau begitu, kamu tetap perlu menguasai matematika dasar karena sejumlah alasan.

Ibarat menguasai bahasa Inggris, kemampuan matematika dasar akan digunakan dalam berbagai bidang. Termasuk akan diujikan di pada seleksi masuk perguruan tinggi, psikotes saat melamar kerja, hingga pada saat seleksi beasiswa.

Berikut sejumlah alasan mengapa ilmu hitung-hitungan penting bagi anak IPS, Bahasa, maupun Sosial Humaniora (Soshum), melansir Rencanamu.id.

1. Semua bidang perlu hitung-hitungan

Saat memilih jurusan Soshum seperti Ekonomi, Hukum, bahkan Desain Interior ada berbagai perhitungan yang perlu dilakukan. Misalnya, perhitungan anggaran, perhitungan dalam Hukum Waris dan Hukum Bisnis, atau perhitungan luas lantai dan luas keramik.

Baca juga: Ternyata Perbanyak Aktivitas Fisik Jadikan Siswa Lebih Jago Matematika

Begitu pula di jurusan psikologi, sastra, dan seni, mahasiswa juga akan dihadapkan dengan data dan riset yang memuat informasi kualitatif alias angka.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menariknya, Pythagoras tokoh yang menemukan rumus pitagoras ternyata bukan hanya ahli matematika, tetapi juga seorang filsuf dan ahli di bidang musik. Bahkan Pythagoras memasukkan ilmu matematika dalam menyusun harmoni musik.

2. Melatih logika

Semua yang ada di Matematika bisa dibuktikan secara logis dengan rumus yang tepat, bukan mengandalkan intuisi apalagi halusinasi.

Apalagi, tahun depan ujian nasional (UN) akan digantikan dengan Asesmen Pengganti yang di dalamnya terdapat soal yang akan menguji kompetensi bernalar tentang teks (literasi) dan angka (numerasi).

Tanpa menguasai matematika dasar, ada kemungkinan kamu akan sulit untuk mengerjakan soal yang butuh penalaran alas logika.

3. Mengasah problem solving

Kemampuan problem solving atau memecahkan masalah merupakan hal yang penting terutama di dunia kerja. Soal Matematika yang rumit sejatinya mengajarkan kamu bagaimana cara memecahkan masalah secara logis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X