Ingin Jadi PNS? Ini 5 Keunggulan Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan

Kompas.com - 10/02/2020, 19:53 WIB
Ilustrasi PKN STAN DOK. PKN STANIlustrasi PKN STAN

KOMPAS.com - Bagi siswa kelas 12, kegiatan memilih jurusan hingga universitas bisa jadi tengah mengisi hari-hari. Sejumlah pertimbangan memang perlu dilakukan agar nanti tak salah jurusan.

Selain mempertimbangkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) serta Perguruan Tinggi Swasta (PTS), kamu juga bisa melihat peluang yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang kerap disebut sekolah kedinasan.

Disebut sekolah kedinasan sebab PTK dinaungi oleh lembaga pemerintahan atau kementerian tertentu. Lalu, di akhir masa studi kamu akan langsung menjalani ikatan dinas di lembaga terkait.

Misalnya, STAN atau PKN STAN merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan di bawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kemenkeu RI. Lulusan STAN yang berprestasi sangat berpeluang langsung bekerja untuk Kemenkeu RI.

Baca juga: 7 Sekolah Kedinasan Ini Tidak Kalah Populer dari PTN

Namun, keketatan untuk masuk PKN STAN terbilang cukup tinggi. Di Tahun 2018, peminatnya sekitar 147.702 pelamar, namun daya tampung sekitar 7.301 kursi saja. Walau begitu, tak ada salahnya untuk berusaha dan mencoba yang terbaik.

Berikut sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh PTK, melansir Rencanamu.id.

1. Biayanya relatif murah bahkan gratis

Karena PTK merupakan perguruan tinggi yang dinaungi oleh lembaga pemerintah, maka biaya pendidikannya relatif murah, bahkan ada membebaskan uang kuliah. Selain itu, sejumlah PTK juga menyediakan asrama dan uang saku bagi mahasiswa.

Itu sebabnya, persaingan masuk ke PTK terbilang tinggi dan proses seleksinya seperti pada saat kamu mengajukan beasiswa atau melamar kerja sebagai CPNS.

2. Tak terbatas akademik

Bila fokus utama PTN dan PTS adalah dalam bidang akademik, di PTK kamu juga dituntut untuk mampu melalui pendidikan karakter sebagai calon aparatur negara, terlebih bila terjun ke dunia militer.

Kedisiplinan, ketegasan, dan kemandirian menjadi bagian dari pendidikan yang akan kamu jalani setiap hari. Sehingga berkuliah di PTK tak hanya membuat kamu kuat secara akademis, namun juga diajarkan untuk kuat fisik dan kuat mental.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X