7 Sekolah Kedinasan Ini Tidak Kalah Populer dari PTN

Kompas.com - 05/02/2020, 17:01 WIB
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu berfoto bersama taruna Akademi Militer (Akmil) di Magelang Dok. Humas Kementerian Pertahanan RIMenteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu berfoto bersama taruna Akademi Militer (Akmil) di Magelang

KOMPAS.com - Ada sejumlah alasan mengapa Perguruan Tinggi Kedinasan alias Sekolah Kedinasan memiliki keketatan masuk yang hampir sama dengan PTN, bahkan lebih sulit.

Selain biaya pendidikan yang dinilai lebih terjangkau, Sekolah Kedinasan menawarkan prospek karier lebih menjanjikan.

Karena berada di bawah kementerian dan lembaga pemerintahan, Sekolah Kedinasaan umumnya mewajibkan lulusan yang memenuhi syarat untuk menjalani ikatan dinas di sejumlah lembaga pemerintah dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ini yang dianggap sebagai "kepastian" kerja. 

Biasanya, bagi siswa yang ingin langsung mendapatkan kepastian kerja usai kuliah atau bekerja di lembaga pemerintahan sebagai PNS, Sekolah Kedinasan kerap menjadi pertimbangan.

Hampir sama dengan SBMPTN, sejumlah Sekolah Kedinasan juga membuka pendaftaran untuk tahun ajaran 2020/2021 dan menyelenggarakan ujian masuk.

Baca juga: Mengenal Materi UTBK 2020, Syarat Wajib SBMPTN

Berikut sejumlah sekolah kedinasan yang bisa kamu pertimbangkan, melansir Rencanamu.id.

1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Sekolah Kedinasan PKN STAN yang akrab disebut STAN ini merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah Kementrian Keuangan. Hampir semua lulusan yang memenuhi syarat akan bekerja di Kemenkeu atau lembaga negara terkait. PKN STAN menawarkan beragam program studi dengan gelar Diploma I sampai dengan Diploma IV.

Program studi: Jurusan Akuntansi, Jurusan Pajak, Jurusan Kepabeanan dan Cukai, dan Jurusan Manajemen Keuangan.

Website resmi: http://pknstan.ac.id.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Sekolah Kedinasan STIS merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Didirikan pada tahun 1958 dengan nama Akademi Ilmu Statistik (AIS) dan menawarkan jenjang Diploma III sampai Diploma IV.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X