Segera Hadir di Jakarta, Monash University Tawarkan Gelar Master dan PhD

Kompas.com - 11/02/2020, 16:04 WIB
President and Vice-Chancellor Monash University, Profesor Margaret Gardner AC. DOK.Monash UniversityPresident and Vice-Chancellor Monash University, Profesor Margaret Gardner AC.
|

KOMPAS.com - Direncanakan, Monash University bakal hadir di Indonesia. Hal ini terkait pemberian izin dari pemerintah Indonesia untuk mendirikan kampus Monash Indonesia tepatnya di Jakarta.

Perlu diketahui, Monash University merupakan kampus riset negeri yang berbasis di Melbourne, Australia sejak 1958. Kampus tersebut juga merupakan salah satu dari dua universitas Australia yang termasuk dalam peringkat École des Mines de Paris (Peringkat Mines ParisTech).

Tak hanya di Australia, kehadiran Monash University secara global sudah meliputi beberapa negara. Diantaranya Malaysia, India, Tiongkok, Italia, dan Afrika Selatan.

Sebagai bentuk ekspansi global, kampus ini secara resmi mengumumkan bakal hadir di Indonesia. Adapun rencana pendirian Monash Indonesia telah diumumkan pada Senin (10/1/2020).

Baca juga: 4 Program Kerja Sama Monash University dan Indonesia

Kampus berbasis penelitian

Di Indonesia, Monash akan membuka kelas pascasarjana, yakni menawarkan gelar Master dan PhD, serta program eksekutif dan kredensial mikro.

Dari rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (11/1/2020), President and Vice-Chancellor Monash University, Profesor Margaret Gardner AC menjelaskan bahwa kampus baru ini merupakan kampus berbasis penelitian beserta kemitraan dengan industri.

Bahkan Monash University juga berjalan dengan dukungan penuh dari pemerintah Indonesia dan Australia. Harapan lain, pendirian kampus ini juga menjadi langkah penting dalam upaya memperdalam hubungan bilateral antara Australia dan Indonesia.

Harapan lain, untuk jangka panjangnya bisa memperdalam di bidang pendidikan, riset, dan kolaborasi industri bagi kedua negara. Namun secara khusus, dengan kolaborasi itu bisa untuk memfasilitasi pertukaran mahasiswa dan sarjana secara dua arah.

Prof Margaret juga berharap, nantinya kampus tersebut bisa menghasilkan lulusan yang ahli bidang:

  • Keilmuan data
  • Teknologi digital
  • Infrastruktur
  • Perencanaan kota
  • Industri kreatif
  • Kewirausahaan
  • Sistem kesehatan publik

Tahun depan mulai terima mahasiswa

Direncanakan, Monash Indonesia akan memulai program eksekutif singkat akhir tahun ini serta mulai menerima kelas mahasiswa pascasarjana angkatan pertamanya pada kuartal empat tahun 2021.

Baca juga: Kemendikbud Siapkan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kebijakan Kampus Merdeka

Jika kuliah S2 atau S3 di kampus itu, mahasiswa akan mendapat gelar dari Monash University serta mendapat peluang kolaborasi untuk riset dan mobilitas antar kampus selama menempuh studi.

"Dalam hubungannya dengan Indonesia, Monash memiliki sejarah panjang. Monash juga berkeinginan untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan komunitas yang berkembang dan inovatif dengan ambisi besar untuk pendidikan dan penelitian," ujar Prof Margaret.

Lebih lanjut Prof Margaret menjelaskan, pembukaan Monash Indonesia bisa memungkinkan untuk bekerja bersama dengan orang-orang Indonesia. Tentu kehadiran kampus ini juga merupakan simbol komitmen Monash untuk Indonesia dan wilayah Asia yang lebih luas.

Serta yang paling penting ialah terjalinnya hubungan penelitian dan pendidikan yang lebih kuat lagi antara Indonesia dan Australia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X