[POPULER EDUKASI] 40 Universitas Teratas Indonesia versi UniRank I Syarat Guru Honorer Dapat Dana BOS I Sri Mulyani Naikkan Dana BOS

Kompas.com - 13/02/2020, 10:06 WIB
Formasi slogan Integritas UGM, Integrasi Nasional yang dibuat oleh para mahasiswa baru. Di upacara penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) para mahasiswa Baru UGM Bentuk 10 formasi Simbol Persatuan Indonesia. (Foto Dokumentasi Humas UGM) YUSTINUS WIJAYA KUSUMAFormasi slogan Integritas UGM, Integrasi Nasional yang dibuat oleh para mahasiswa baru. Di upacara penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) para mahasiswa Baru UGM Bentuk 10 formasi Simbol Persatuan Indonesia. (Foto Dokumentasi Humas UGM)

KOMPAS.com - Meski tidak menggunakan indikator akademik dalam melakukan pemeringkatan, pembaca Kompas.com di kanal edukasi banyak mencari tahu universitas mana saja di Indonesia masuk dalam daftar 40 teratas versi UniRank.

Selain pemeringkatan universitas berbasis webmatric, berita seputar kebijakan Merdeka Belajar jilid 3 terkait dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) juga menjadi artikel populer edukasi sepanjang Senin (10/2/2019) hingga Rabu (12/2/2020).

Termasuk di antaranya, berita soal syarat guru honorer yang berhak menerima dana BOS dan juga dukungan Menkeu Sri Mulyani kepada program Merdeka Belajar "Mas Nadiem" dengan menaikan besaran dana BOS untuk tiap siswa.

Berikut beberapa berita populer di kanal edukasi Kompas.com dalam 3 hari terakhir:

1. 40 Universitas Negeri dan Swasta Teratas Indonesia 2020 versi UniRank

Lembaga direktori pendidikan internasional UniRank baru saja merilis pemeringkatan universitas dunia tehadap lebih dari 13.600 universitas di 200 negara yang masuk dalam basis data mereka.

Baca juga: Beasiswa Universitas Pertahanan, Biaya Kuliah dan Hidup Dijamin Penuh

Tujuan UniRank University Ranking yakni memberikan perkiraan peringkat global universitas berdasarkan pada kehadiran dan popularitas web atau laman resmi universitas dalam hal lalu lintas (traffic), kepercayaan/otoritas, dan popularitas tautan berkualitas.

UniRank sendiri mengingatkan, pemeringkatan yang mereka lakukan tidak langsung merujuk pada pemeringkatan kualitas pendidikan atau tingkat layanan akademik yang disediakan.

Mereka juga mengingatkan bahwa pemeringkatan yang mereka lakukan bukan pemeringkatan akademik dan karenanya tidak boleh diadopsi sebagai kriteria utama memilih dan mendaftar universitas.

Selain peringkat global, berdasarkan webmetric, pada Januari 2020 lalu Unirank juga melakukan pemeringkatan terhadap 571 universitas negeri dan swasta di Indonesia.

Universitas mana saja yang masuk dalam 40 teratas? Baca daftar lengkapnya di sini.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X