Selain Belajar, 5 Hobi ini Bisa Bantu Otak Jadi Lebih "Encer"

Kompas.com - 17/02/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi sepeda impor ShutterstockIlustrasi sepeda impor


KOMPAS.com - Beragam jadwal ujian sudah ada di depan mata, mulai dari ujian sekolah, ujian nasional, hingga ujian tulis berbasis komputer ( UTBK).

Belajar menjadi cara efektif agar kamu menguasai soal sehingga lebih mudah menjalani ujian. Namun, kamu juga perlu menikmati waktu luang untuk menghindari rasa jenuh di tengah padatnya jadwal belajar.

Salah satu cara produktif untuk menikmati waktu luang ialah dengan melakukan sejumlah hobi. Tak hanya bermanfaat sebagai hiburan, sejumlah hobi juga dapat meningkatkan kemampuan otak, termasuk bermain game.

Melansir Rencanamu.id, berikut sejumlah hobi yang dapat membuat otak kamu lebih "encer."

1. Berolahraga

Olahraga bisa meningkatkan daya ingat terhadap objek, termasuk pelajaran.

Menurut penelitian Dartmouth College tahun 2009, rutin olahraga membuat otak menghasilkan suatu zat protein bernama Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF), yang berpengaruh terhadap kemampuan kognitif, misalnya, daya ingat jangka panjang terhadap apa yang dipelajari.

Baca juga: 5 Tips Memilih Bimbel Tepat untuk Hadapi Ujian Nasional hingga UTBK

Agar olahraga tak jadi beban, pilih satu kegiatan bergerak yang paling kamu suka dan lakukan dengan konsisten. Misalnya berenang, bersepeda atau berskuter.

2. Bermusik

Menurut penelitian Boston Children’s Hospital tahun 2014, anak-anak yang bisa bermain alat musik menunjukkan peningkatan kemampuan verbal yaitu kemampuan bicara menjadi lebih cepat lancar.

Se;ain itu, bermain alat musik juga bisa memengaruhi kecepatan otak dalam memproses informasi, yang berguna saat kamu belajar atau mengerjakan soal.

Semakin muda kamu mulai belajar main musik, maka semakin banyak manfaat yang didapat. Tidak harus dengan ikut les, kamu juga bisa belajar sendiri melalui Youtube misalnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X