Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2020, 11:39 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Keterbatasan infrastuktur tidak menghentikan langkah SMPN 4 Bentara, Desa Sungai Terap, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi untuk bergotong-royong mengatasi kekurangan mereka dalam ketersediaan jaringan internet di sekolah

"Sekitar dua tahun lalu, anak-anak di SMPN 4 Betara masih seperti hidup dalam gua hantu. Daerah itu dulu gelap dengan informasi. Jika hendak belajar, mereka hanya mengandalkan buku-buku di sekolah," ujar Kepala SMPN 4 Betara, Rudianto.

Tidak hanya itu, jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun lalu, siswa SMPN 4 Bentara dihadapkan pada permasalahan tidak adanya lokasi terdekat yang bisa dijangkau para siswa.

Kalau pun ada sekolah yang bisa menjadi tempat menumpang ujian, jaraknya sangat jauh.

Prinsip kolaborasi pendidikan

Dari sanalah, akhirnya para pemangku kepentingan di sekolah mengambil inisiatif.

Wali murid dan dan majelis guru dibantu masyarakat sepakat untuk mengumpulkan iuran untuk membangun sendiri tower penerima sinyal internet.

Mereka membangun tower yang tingginya mencapai 25 meter di depan sekolah. Menurutnya, hal itu sangat berguna untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Baca juga: 4 Kejutan Mendikbud Nadiem Terkait Dana BOS di Merdeka Belajar Jilid 3

Masing-masing guru menyisihkan pendapatan mereka dengan dibantu sumbangan masyrakat sehingga terkumpul dana sekitar Rp 30 juta untuk pembangunan fisik tower, pengadaan server dan kelengkapan lain.  

“Ini sangat dibutuhkan untuk literasi berbasis ICT (Teknologi Informasi dan Komunikasi) UNBK, hingga ujian Semester Berbasis Android (UNBA),” ujar Rudianto.

Di awal masa tugasnya, Mendikbud Nadiem menyampaikan prinsip gotong-royong dan kolaborasi akan menjadi kata kunci yang akan banyak mewarnai kementerian dipimpinnya.

Ia menyampaikan, "Gotong royong adalah satu asas, satu value yang akan saya bawa ke dalam semua aktivitas dan interaksi kita. Baik di level kementerian, baik dengan menteri-menteri lain, baik dengan guru dan kepala sekolah dan pemerintah."

"Kata gotong royong ini akan menjadi kata kunci di perjalanan kita bersama," tegasnya. "Kita nggak bisa lakukan ini sendiri. Semua; pemerintah daerah, pemerintah pusat, guru, organisasi masyarakat,orangtua dan murid," ujar Mendikbud Nadiem kepada para jurnalis (23/10/2019).

Mendikbud Nadiem menegaskan, "Semua harus terlibat, semua harus gotong-royong untuk menciptakan kualitas pendidikan di Indonesia." 

Berdampak pada masyarakat 

SMPN 4 Bentara, Desa Sungai Terap, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi bergotong-royong membangun tower swadaya guna mendukung ketersediaan jaringan internet di sekolah. DOK. TANOTO FOUNDATION SMPN 4 Bentara, Desa Sungai Terap, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi bergotong-royong membangun tower swadaya guna mendukung ketersediaan jaringan internet di sekolah.

Rudianto, kepala sekolah fasilitator Program Pintar Tanoto Foundation dan penggagas gerakan ini mengharapkan para siswanya dapat melihat cakrawala dunia lebih luas dengan berdirinya tower hasil swadaya ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com