Kompas.com - 06/03/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi mahasiswa lulus kuliah. ShutterstockIlustrasi mahasiswa lulus kuliah.
|


KOMPAS.com - Ketika baru lulus kuliah, kamu akan menyandang gelar akademik juga gelar sebagai fresh graduate. Tetapi tugas kamu selanjutnya ialah mencari pekerjaan yang terbaik bagi masa depan.

Tapi, sebelum bekerja kamu harus memahami beberapa hal. Jika tidak paham, maka akan susah mendapatkan pekerjaan dan kamu akan mengalami rasa cemas.

Perasaan cemas itu biasa muncul pada diri fresh graduate. Karena itu, agar kamu bisa sukses dalam mendapatkan pekerjaan, maka harus memahami 4 hal berikut yang dirangkum dari laman resmi Karier Universitas Diponegoro.

Baca juga: Fresh Graduate Ingin Dapat Pekerjaan Layak? Perhatikan 2 Kunci Ini

1. Miliki kompetensi

Orang yang sudah memiliki gelar lulusan perguruan tinggi akan dilihat kemampuannya. Seperti apa kompetensi yang dimilikinya, atau apa kelebihannya.

Kompetensi sendiri merupakan suatu hal yang dikaitkan dengan kemampuan, pengetahuan, dan sikap yang kemudian dijadikan pedoman dalam melakukan tanggungjawab.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk saat ini kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan ialah penguasaan konsep yang menyeluruh dan tidak hanya sekadar menghafal teori di kampus saja. Ini penting agar calon pekerja semakin matang dan kuat dalam menjalankan tugas yang mereka hadapi.

Jadi, kamu harus memiliki kompetensi yang bagus agar perusahaan tertarik denganmu dan kamu diterima kerja.

2. IPK tinggi tak menjamin

Lulus dengan IPK tinggi akan menjadi kebanggan tersendiri. Bahkan jika lulus dengan predikat cumlaude. Tapi ternyata IPK tinggi tidak mecerminkan bahwa mereka siap untuk bekerja.

Banyak fresh graduates yang punya IPK tinggi namun tidak maksimal dalam pekerjaan. Hal ini tentu saja tidak cukup ketika di dunia kerja. Tetapi harus dipadukan dengan softkill yang kamu dapat di kampus.

3. Tidak percaya diri

Jika kamu pernah mencoba psikotes dan gagal, mungkin hal itu karena kamu tidak percaya diri dalam mengerjakan tes. Dengan melihat kunci jawaban hasil psikotes di internet, akan membuat jawabanmu tidak sesuai dengan kepribadianmu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X