KILAS

Dana BOS Turun Lebih Cepat, SMAN 7 Pekanbaru Tak Lagi Pusing Tagihan Listrik

Kompas.com - 10/03/2020, 08:04 WIB
Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Pekanbaru Nurhafni (enam dari kiri) berfoto bersama para siswi SMA N 7 Pekanbaru. DOK. SMA Negeri 7 PekanbaruKepala Sekolah SMA Negeri 7 Pekanbaru Nurhafni (enam dari kiri) berfoto bersama para siswi SMA N 7 Pekanbaru.

KOMPAS.com – Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Pekanbaru Nurhafni (51) tak bisa membayangkan jika dana Bantuan Operasional Sekolah ( BOS) baru turun pada 29 Maret mendatang, seperti tahun sebelumnya.

Apalagi pada 2020, pihak sekolah tidak diperkenakan lagi memungut dana pendidikan dari siswa, sehingga mempersulit sekolah dalam memenuhi kebutuhannya.

Namun kekhawatrian Nurhafni tidak terjadi berkat kebijakan Merdeka Belajar yang digaungkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Dengan kebijakan terbaru ini, dana BOS pun lebih cepat diterima SMA N 7 Pekanbaru, yakni Jumat (14/2/2020) untuk tahap pertama.

Baca juga: Sri Mulyani Cairkan Dana BOS Rp 9,8 Triliun untuk 136.579 Sekolah

“Begitu dana turun, kami bisa gunakan untuk membayar tagihan, seperti listrik,” kata Nurhafni sambil tertawa lega saat dihubungi Kompas.com melalui telepon, Jumat (6/3/2020).

Padahal, sebelumnya, pihaknya sempat ditegur karena belum membayar tagihan listrik untuk Februari.

“Kami enggak lagi kembang-kempis cari talangan atau pinjaman. Itu dampak positif kebijakan baru yang kami rasakan. Sangat membantu,” imbuh Nurhafni.

Tahun 2020 ini, Kemendikbud memang mengubah kebijakan penyaluran dana. Jika tahun lalu dana dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) disalurkan ke rekening kas umum daerah (RKUD), saat ini penyalurannya langsung ke rekening sekolah.

Baca juga: Skema Dana BOS Diperbarui, Kompetensi Kepala Sekolah Diuji

Hasilnya, sekolah bisa lebih cepat menerima dana BOS, sehingga dapat segera menutup biaya operasionalnya.

Tahun 2020 ini, SMA N 7 Pekanbaru mendapat dana BOS dari pemerintah pusat sekitar Rp 1,2 miliar. Angka ini naik, karena pada 2019 memperoleh kurang-lebih Rp 1,131 miliar.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X