Siswa SMA, Ini Kisi-kisi UN 2020 Mapel Bahasa Indonesia

Kompas.com - 20/03/2020, 10:05 WIB
Ilustrasi siswa SMA ujian. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITIlustrasi siswa SMA ujian.
|

KOMPAS.com - Meski beberapa daerah menunda pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020 karena  virus corona atau Covid-19, namun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) masih menyelenggarakan di sebagian besar provinsi.

Usai digelar UN 2020 jenjang SMK pada 16 Maret 2020, kini giliran jenjang SMA/MA/sederajat yang akan menggelar UN 2020 pada 30 Maret 2020 besok.

Adapun UN 2020 SMA hari pertama ialah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Khusus bagi kamu siswa kelas XII SMA/MA, maka bisa belajar dari kisi-kisi yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Baca juga: Kisi-kisi UN 2020 SMA: Mapel Bahasa Indonesia

Berikut kisi-kisi UN untuk SMA/MA/Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Agama Katolik, dan Utama Widya Pasraman untuk Jurusan IPA/IPS/Keagamaan, khusus mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia:

1. Level kognitif

Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi dan memaknai.

Lingkup materi

a. Membaca Nonsastra, siswa dapat memaknai istilah/kata, mengidentifikasi informasi tersurat.

b. Membaca sastra, siswa dapat mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra, memaknai isi tersurat dalam karya sastra.

c. Menulis terbatas, siswa dapat melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa.

d. Menyunting kata, kalimat, dan paragraf, siswa dapat mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah, mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi, mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat efektif, mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X