Keseruan Siswa Jambi dan Kaltim Belajar di Rumah lewat Zoom dan Youtube

Kompas.com - 25/03/2020, 21:02 WIB
Mengantisipasi libur sekolah berlanjut karena Covid-19, para siswa, guru, dan pengawas sekolah di Tanjab Timur, Jambi memanfaatkan pembelajaran online menggunakan aplikasi zoom meeting dan rumah belajar. DOK. TANOTO FOUNDATIONMengantisipasi libur sekolah berlanjut karena Covid-19, para siswa, guru, dan pengawas sekolah di Tanjab Timur, Jambi memanfaatkan pembelajaran online menggunakan aplikasi zoom meeting dan rumah belajar.

KOMPAS.com - Wabah virus corona atau Covid-19 masih belum berakhir. Beberapa pemerintah daerah mulai membuat kebijakan mengubah pembelajaran tatap muka di kelas menjadi belajar di rumah

Beberapa pemda bahkan berencana memperpanjang kebijakan belajar daro rumah ini.

Untuk memfasilitasi siswa tetap belajar, pemerintah daerah menggandeng lembaga filantropi dan komunitas, membuat terobosan belajar online.

Bertukar guru lewat "Zoom Meeting"

Di Tanjab Timur, Jambi, para fasilitator Tanoto Foundation bersama Duta Rumah Belajar dan Dinas Pendidikan membuat program belajar interaktif dengan memanfaatkan zoom meeting dan Rumah Belajar.

Baca juga: 8 Kiat Atur Jadwal Belajar di Rumah vs Kerja di Rumah

Mereka bekerja sama membuat jadwal belajar, menyiapkan guru-guru narasumber, dan materi pembelajaran yang diambil dari Rumah Belajar.

Setelah semua siap, jadwal belajar dipubikasikan melalui FB Dinas Pendidikan dan WA group kepala sekolah dan guru. Mereka diminta melibatkan siswanya.

Para siswa yang orangtuanya memiliki alat komunikasi dipandu untuk mengunduh aplikasi zoom. Mereka diberikan ID zoom untuk bisa join atau mengikuti pembelajaran melalui zoom meeting.

Bahasa Inggris SMP menjadi materi pertama pembelajaran jarak jauh ini, Rabu, (24/3/2020). Ada 35 siswa, 6 guru, dan pengawas sekolah yang mengikuti pembelajaran dari rumah.

“Kegiatan pembelajaran ini dua arah, jadi bukan hanya ceramah. Siswa dilibatkan untuk interaktif praktik membuat descriptive text,” kata Dwi Nanda AR, guru SMPN 21 Tanjab Timur yang menjadi moderator "Zoom Meeting".

Kegiatan belajar interaktif ini, disambut antusias oleh Ika Wahyuni, siswa kelas IX SMPN 3 Tanjab Timur. “Menarik karena bisa berinteraksi langsung dengan guru dari sekolah lain,“

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X