Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2020, 14:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia masih terus berupaya menangani wabah virus corona. Namun agar virus tersebut tidak menyebar luas, masyarakat diimbau untuk rajin cuci tangan pakai sabun.

Selain itu juga menjaga jarak sosial, berdiam diri di rumah, berolahraga, dan berjemur diri di bawah matahari. Tak kalah penting, masyarakat juga harus bisa menjaga pola makan yang sehat.

Menjaga kesehatan agar tidak mudah diserang oleh virus corona tentu merupakan bagian yang tidak terlepas untuk dapat dilakukan.

Baca juga: Akademisi UGM Teliti Tumbuhan Indonesia Ini Cegah Corona

Tapi bagaimana caranya? Apakah mengonsumsi makanan sehat bisa mencegah corona? Lantas, makanan seperti apa yang sehat itu? Atau jenis buah apa yang bisa mencegah corona?

Peneliti temukan senyawa lawan corona

Tim periset dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), LPPM IPB University dan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University telah melakukan penelitian bioinformatika untuk menemukan senyawa yang berpotensi untuk melawan Covid-19.

"Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid yaitu salah satunya hesperidin," ujar Guru Besar IPB University yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara dikutip dari laman resmi IPB University, Jumat (27/3/2020).

Senyawa di kulit jeruk

Lantas, dimanakah kita bisa mendapatkan senyawa ini? Ternyata, senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk.

Baca juga: Akademisi Unair Beberkan Sejarah Virus Corona, Kelelawar Penyebabnya?

Jadi selama berdiam di rumah, Anda dapat membuat jus jeruk yang banyak khasiatnya. Tapi, jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih.

"Memang akan terasa sedikit pahit. Nah tahanlah sedikit rasa pahit ini karena ini menunjukkan hesperidin yang ada di dalamnya," katanya.

Tapi, bagaimana yang tidak sanggup untuk mengonsumsi rasa pahit. Prof Irmanida Batubara memberikan solusi lain. Caranya ialah jeruk bisa dibuat infus water dari jeruk beserta kulitnya.

Beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air sehingga juga terkonsumsi oleh tubuh. Tapi jangan lupa jeruknya dicuci bersih terlebih dahulu.

"Semua jenis jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah. Tapi kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya," jelasnya.

Baca juga: Akademisi ITB: Penyembuhan Corona Butuh Penelitian Lanjutan dari Kunyit dan Temulawak

Tunggu apalagi, segera minum jus jeruk plus kulitnya ya. Kalau tidak tahan rasa pahit, maka Anda bisa membuat menjadi infus water.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com