Wabah Corona, Unpad Terima Mahasiswa S1 dan D4 Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK Tanpa Tes Tambahan

Kompas.com - 22/04/2020, 18:46 WIB
Kampus Universitas Padjadajaran (Unpad) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. KOMPAS.com/RENI SUSANTIKampus Universitas Padjadajaran (Unpad) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

KOMPAS.com - Universitas Padjajaran (Unpad) menerapkan penerimaan mahasiswa baru jenjang S1dan D4 tahun akademik 2020-2021 lewat Seleksi Masuk Unpad berbasis nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Hal tersebut dilatari oleh masa darurat wabah pandemi corona yang belum stabil.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, pembukaan pendaftaran seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk Jalur Mandiri dapat dilakukan mulai 23 Juni di laman http://smup.unpad.ac.id/.

Seluruh seleksi akan berbasis dari nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sehingga Unpad tidak akan menggelar tes tambahan lain.

“Kami khawatir pada bulan-bulan tersebut, pandemi belum bersih sama sekali,” ujar Prof. Rina seperti dikutip dari laman Unpad.

Pendaftaran seleksi sendiri dibuka sebelum pelaksanaan UTBK dan SBMPTN, yaitu 5 – 12 Juli. Dengan demikian, penilaian pada Jalur Mandiri, Kelas Internasional, dan Jalur Prestasi akan dilakukan setelah pelaksanaan UTBK.

Prof. Rina menjelaskan, seleksi Jalur Mandiri akan murni menggunakan hasil penilaian UTBK. Untuk jalur Kelas Internasional, penilaian akan menggunakan hasil UTBK ditambah tes kemampuan bahasa Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Unpad Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Lewat Jalur Mandiri, S1 dan D4 Pakai Nilai UTBK

Sementara untuk Jalur Prestasi, penilaian akan menggunakan hasil UTBK serta portofolio prestasi yang berhasil diraih peserta.

Terkait kriteria prestasi yang dinilai, Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, menjelaskan, ada sejumlah prestasi yang bisa dimasukkan antara lain olimpiade sain, olimpiade penelitian, festival inovasi dan kewirausahaan, lomba debat, hingga tahfiz Al-quran.

“Kriteria lebih lengkap nanti bisa dilihat di laman smup.unpad.ac.id,” ujar Dr. Boy.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, mengatakan, seleksi mandiri tidak hanya diikuti oleh peserta lulusan tahun terbaru saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.