Sekolah Semesta, Bangun Kenangan Indah dan Optimisme lewat "Virtual Graduation"

Kompas.com - 03/05/2020, 15:56 WIB
Virtual Graduation digelar Sekolah Semesta untuk para lulusan (2/5/2020) DOK. SEKOLAH SEMESTA SEMARANGVirtual Graduation digelar Sekolah Semesta untuk para lulusan (2/5/2020)

KOMPAS.com – Masa pandemi Covid-19 tidak mengurangi sekolah, siswa dan orangtua untuk merayakan kegembiraan dalam pengumuman kelulusan tingkat SMA yang telah diumumkan serentak bertepatan Hari Pendidikan Nasional, Hardiknas 2020 (2/5/2020).

Perayaan kegembiraan ini salah satunya juga dilaksanakan Sekolah Semesta, salah satu sekolah unggulan berasrama di Semarang, Jawa Tengah yang menggelar virtual graduation atau wisuda daring siswa.

Acara “Virtual Graduation” ini menjadi alternatif acara perpisahan sekolah di tengah pandemi virus Corona.

Wisuda virtual diadakan menggunakan aplikasi Zoom dan Youtube streaming yang diikuti 200 tamu undangan, murid dan wali murid kelas 9 dan 12 SMP-SMA Semesta.

Jumlah total murid diwisuda dari Sekolah Semesta Semarang untuk tingkat SMP dan SMA sebanyak 111 siswa.

Baca juga: Foto-foto Wisuda Online dan Pakai Robot di Jepang

Selalu jadi "rumah" bagi siswa

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama, dilanjutkan sambutan dari berbagai pihak, kemudian menampilkan video hasil karya siswa dan prosesi wisuda yang  dilakukan secara daring.

Gunawan Saptogiri, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang memberikan video sambutan pada acara ini. General Manager Sekolah Semesta, Iskandar Mulia pada pembukaan virtual graduation juga memberikan selamat atas kelulusan para siswa tahun ajaran 2019/2020.

"Kami merasa bangga atas pencapaian dan prestasi anak-anak kelas 9 dan 12 yang telah sukses menjalankan studinya dan telah menyelesaikan sebagian dari perjalanan hidup dengan pencapaian besar dan kenangan yang indah," ujar Gunawan.

Ia menambahkan, "Walaupun telah resmi lulus, Sekolah Semesta akan tetap menjadi rumah dan selalu terbuka untuk semuanya."

Dari pihak wali murid, SISKS Pakoe Boewono XIII dan Kanjeng Ratu Pakoe Boewono (Keraton Kasunanan Surakarta) dalam pesan singkatnya mengucapkan terima kasih kepada segenap guru dan civitas sekolah Semesta karena telah membimbing dan mendidik selama 6 tahun dengan tulus dan ikhlas.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X