Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Semesta, Bangun Kenangan Indah dan Optimisme lewat "Virtual Graduation"

Kompas.com - 03/05/2020, 15:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com – Masa pandemi Covid-19 tidak mengurangi sekolah, siswa dan orangtua untuk merayakan kegembiraan dalam pengumuman kelulusan tingkat SMA yang telah diumumkan serentak bertepatan Hari Pendidikan Nasional, Hardiknas 2020 (2/5/2020).

Perayaan kegembiraan ini salah satunya juga dilaksanakan Sekolah Semesta, salah satu sekolah unggulan berasrama di Semarang, Jawa Tengah yang menggelar virtual graduation atau wisuda daring siswa.

Acara “Virtual Graduation” ini menjadi alternatif acara perpisahan sekolah di tengah pandemi virus Corona.

Wisuda virtual diadakan menggunakan aplikasi Zoom dan Youtube streaming yang diikuti 200 tamu undangan, murid dan wali murid kelas 9 dan 12 SMP-SMA Semesta.

Jumlah total murid diwisuda dari Sekolah Semesta Semarang untuk tingkat SMP dan SMA sebanyak 111 siswa.

Baca juga: Foto-foto Wisuda Online dan Pakai Robot di Jepang

Selalu jadi "rumah" bagi siswa

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama, dilanjutkan sambutan dari berbagai pihak, kemudian menampilkan video hasil karya siswa dan prosesi wisuda yang  dilakukan secara daring.

Gunawan Saptogiri, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang memberikan video sambutan pada acara ini. General Manager Sekolah Semesta, Iskandar Mulia pada pembukaan virtual graduation juga memberikan selamat atas kelulusan para siswa tahun ajaran 2019/2020.

"Kami merasa bangga atas pencapaian dan prestasi anak-anak kelas 9 dan 12 yang telah sukses menjalankan studinya dan telah menyelesaikan sebagian dari perjalanan hidup dengan pencapaian besar dan kenangan yang indah," ujar Gunawan.

Ia menambahkan, "Walaupun telah resmi lulus, Sekolah Semesta akan tetap menjadi rumah dan selalu terbuka untuk semuanya."

Dari pihak wali murid, SISKS Pakoe Boewono XIII dan Kanjeng Ratu Pakoe Boewono (Keraton Kasunanan Surakarta) dalam pesan singkatnya mengucapkan terima kasih kepada segenap guru dan civitas sekolah Semesta karena telah membimbing dan mendidik selama 6 tahun dengan tulus dan ikhlas.

Mereka berharap acara ini bukanlah perpisahan sebenarnya dan silaturahmi yang baik akan dapat terus berjalan.

Sekolah Semesta yang memiliki jenjang pendidikan PG hingga SMA ini baru kali ini melakukan wisuda secara online.

Sekolah yang juga baru membuka cabang SMP Semesta non-boarding di kawasan Candi Golf Semarang ini biasanya menggelar wisuda di hotel, namun karena wabah Covid-19 dan mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak membuat kerumunan massa.

Di sisi lain, Sekolah Semesta berusaha agar tetap bisa melepas siswa siswinya dengan berkesan.

Bangun kenangan indah dan optimisme

Virtual Graduation Sekolah Semesta Semarang (2/5/2020)DOK. SEKOLAH SEMESTA SEMARANG Virtual Graduation Sekolah Semesta Semarang (2/5/2020)

Baca juga: Pandemi Virus Corona, UNS Gelar Wisuda Online pada Sabtu Besok

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com