"Personal Project" Sekolah Cikal: Saat Materi Ujian Sesuai Minat Bakat Siswa

Kompas.com - 03/05/2020, 19:00 WIB
Sekolah Cikal Setu Gelar Pameran Personal Project Secara Daring Pertama Kalinya Dok. Sekolah CikalSekolah Cikal Setu Gelar Pameran Personal Project Secara Daring Pertama Kalinya

KOMPAS.com - Untuk "melahirkan" murid yang mampu menjadi pembelajar seumur hidup, Sekolah Cikal percaya bahwa tak hanya kemampuan akademis yang dibutuhkan siswa, melainkan juga penguasaan kompetensi.

Bagi Sekolah Cikal, kompetensi siswa perlu digali melalui inovasi, tindakan, hingga kontribusi nyata untuk masyarakat. Tak semata nilai di selembar kertas.

Karena itulah, Sekolah Cikal menghadirkan ujian sekolah dengan cara berbeda, yakni tak hanya berbentuk lembaran soal, melainkan juga melalui pameran Personal Project (PP) yang baru saja dilaksanakan oleh Kelas 10 Sekolah Cikal Setu secara daring (online).

Koordinator IB Middle Year Program (MYP) Sekolah Cikal Setu Siti Fatimah menjelaskan, PP Exhibition ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk murid-murid untuk belajar menemukan minat maupun bakat mereka.

Setelah itu, melalui bimbingan guru dan orangtua, siswa juga mewujudkannya dalam sebuah karya yang mampu menginspirasi orang lain.

Baca juga: Agar Anak Kompeten, Najelaa: Beri Anak Umpan Balik, Bukan Nilai

"Tidak hanya menunjukkan keberhasilan belajar mereka atau kompetensi mereka, tapi juga bertujuan menginspirasi orang lain,” imbuh Siti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Dalam konferensi video, Kamis (30/4/2020), Siti juga menjelaskan bahwa proyek ini menjadi cara untuk mengasah kemampuan literasi siswa. Kemampuan literasi sendiri sangat memengaruhi penalaran dan kompetensi. Bekal siswa untuk bisa kompeten di kemudian hari.

Masyarakat bisa melihat dan menikmati

Siswa kelas 10 Sekolah Cikal Setu mendemonstrasikan karyanya secara daring melalui sosial media instagram @cikalppx2020 dan Youtube Sekolah Cikal Official.

Baca juga: 5 Bentuk Pujian yang Membuat Anak Semangat Belajar

Koordinator pelaksana pameran Personal project kelas 10 Sekolah Cikal Setu Anggi Puspita Swardhani mengatakan, "Murid-murid juga menyambut dengan antusias. Kita juga menggunakan sosial media yang banyak digunakan orang-orang. Jadi, kita tentunya bisa menjangkau komunitas yang lebih luas lagi."

Salah satu karya unik yang lahir dari murid kelas 10 Sekolah Cikal Setu dalam pameran tersebut ialah Kampanye Sosial ‘628’ oleh Najya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X