Kompas.com - 04/05/2020, 17:11 WIB
. VIA THINKSTOCK.

KOMPAS.com - Ada banyak ragam manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, mulai dari menjaga kesehatan pencernaan, kesehatan jantung, hingga penghambat proses penuaan kulit.

Ketika berpuasa, seseorang pada umumnya menjaga kualitas asupan makanan dan minuman. Kondisi inilah yang dianggap dapat mendukung proses pembersihan racun atau detoksifikasi, sehingga membuat kulit lebih sehat dan kenyal.

Walau begitu, puasa juga bisa berakibat sebaliknya bila asupan tak seimbang dan kurangnya cairan, yakni bibir dan kulit menjadi kering.

Bibir dan kulit yang kering tentu bisa memengaruhi penampilan hingga kenyamanan.

Baca juga: Pakar UGM: Akhir Pandemi Covid-19 Mundur bila Masyarakat Nekat Mudik

Menyadari tak sedikit orang yang mengalami bibir dan kulit kering selama berpuasa, dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin sekaligus Kepala Departemen Dermatologi dan Venereologi FKKMK Universitas Gadjah Mada (UGM) Fajar Waskito memberikan sejumlah kiat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut kiat menjaga kulit dan bibir tetap sehat selama berpuasa, merangkum laman UGM:

1. Serat dan antioksidan

Langkah pertama ialah dengan menjaga pola makan. Fajar menekankan, konsumsi makanan bergizi dan seimbang sangat berpengaruh pada kesehatan kulit.

Dimulai dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan antioksidan seperti sayur dan buah.

"Konsumsi sayur serta buah-buahan yang kaya antioksidan akan berefek sebagai penghambat proses penuaan kulit sehingga kulit lebih halus dan terjaga elastisitasnya," terangnya seperti dikutip dari laman UGM, Senin (4/5/2020).

Baca juga: Belajar dari Covid-19, Pakar UB: Peran Guru Tidak Terganti Teknologi

2. Hindari gula dan lemak pemicu jerawat

Hindari atau batasi makanan tinggi gula dan lemak. Ia menerangkan, peningkatan kadar gula dalam darah dapat mengakibatkan peradangan pada tubuh, termasuk jerawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.