Cerita Nusantara “Sultan Ageng Tirtayasa”, Belajar dari TVRI 23 Mei 2020

Kompas.com - 23/05/2020, 17:11 WIB
Tangkapan layar Program Belajar dari Rumah TVRI DOK/TVRITangkapan layar Program Belajar dari Rumah TVRI

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah di TVRI hadir kembali dengan tayangan Cerita Nusantara : “Sultan Ageng Tirtayasa”, Belajar dari TVRI Sabtu 23 Mei 2020.

Belajar dari Rumah adalah program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) memberikan alternatif pendidikan bagi semua kalangan di masa darurat Covid-19.

Baca juga: Rangkuman Cerita Indonesia Ramuan Kesehatan, Belajar dari TVRI 16 Mei 2020

Berikut adalah rangkuman Cerita Nusantara “Sultan Ageng Tirtayasa”.

Pangeran Purbaya datang ke ayahandanya melaporkan kalau kompeni Belanda berulah kembali. Mereka telah memblokade perairan Teluk Banten, sehingga para pedagang mancanegara kesulitan untuk masuk pelabuhan.

Para pedagang dari Arab, China dan Eropa menjauh dari Banten karena para kompeni Belanda memblokade perairan Banten.

Tolak monopoli Belanda

Menurut Helmy Faizi Bahrul Ulumi (Sejarawan), Sultan Ageng Tirtayasa memerintahkan rakyat menentang VOC. Saat itu Sultan Ageng Tirtayasa jelas menolak bekerja sama dengan Belanda untuk memonopoli perdagangan.

Sultan ingin menjadikan Banten sebagai pelabuhan terbuka. Akhirnya Belanda melakukan blokade perairan di teluk Banten. Di sinilah kemudian terlihat keberhasikan kepemimpinan Sultan Ageng yang berhasil membongkar blokade yang dibuat Belanda.

Banyak kapal milik Belanda dirusak, bahkan dirampas rakyat Banten sebagai bentuk perlawanan. Tentu saja hal ini sangat merugikan Belanda dan menimbulkan kemarahan VOC.

Gubernur Jendral Rijcklof Van Goens kemudian menulis surat untuk kompeni yang menyampaikan bahwa Banten harus ditaklukan atau kompeni yang lenyap.

Belanda kemudian membuat politik adu domba, antara Sultan Ageng dan anaknya yakni Pangeran Purbaya dan Sultan Haji.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X