"Seribu Wajah Ayah": Ketika Jarak Rasa Lebih Berat daripada Jarak Fisik

Kompas.com - 29/05/2020, 16:13 WIB
Ilustrasi buku Seribu Wajah Ayah terbitan Grasindo DOK. GRASINDOIlustrasi buku Seribu Wajah Ayah terbitan Grasindo

Oleh: Indah Sipahutar | Penerbit Grasindo

KOMPAS.com - Bulan Ramadan dan hari Lebaran telah terlewati, tapi hari kemenangan di tahun ini memberikan perasaan berbeda dari perayaan tahun sebelumnya.

Jika dulu kita bisa dengan mudah pergi ke kampung halaman untuk bersilaturahmi pada sanak saudara, sekarang kita hanya bisa mendengar atau melihat mereka melalui smartphone karena pandemi Covid-19.

Sayangnya, meskipun sekarang kita sudah bisa dibantu teknologi untuk terus terjalin, banyak orang yang masih belum bisa memanfaatkan secara maksimal.

Sebab, jarak fisik memang bisa membuat orang lain merasa jauh, tapi jarak perasaan adalah cobaan paling menyedihkan yang bisa terjadi pada orang yang sedang merindu.

Baca juga: Melangkah, Menyusuri Eksotis Sumba dari Rumah Saja

 

Contohnya saja seperti kisah anak dan ayah dari buku “Seribu Wajah Ayah”.

Jarak perasaan: ketika kita merindu dalam diam

Novel “Seribu Wajah Ayah” bercerita tentang perasaan rindu mendalam dari ayah ke anaknya sekaligus dari anak ke ayahnya. Keduanya saling merindu, tapi tak saling mengungkapkan.

Awalnya ketika ibu meninggal saat melahirkan, ayah dan anak ini masih dapat hidup berdua dengan damai dan penuh kasih sayang.

Namun, waktu dan perasaan mengubah segalanya. Ketika sang anak dewasa, dunianya berkembang menjadi lebih luas sehingga ayahnya tak lagi jadi pusat dunianya.

Sang anak mulai sibuk dengan segala kesibukan dunia kuliah dan mulai melupakannya bahwa ada orang yang selalu menunggunya di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X