Program Pintar
Praktik baik dan gagasan pendidikan

Kolom berbagi praktik baik dan gagasan untuk peningkatan kualitas pendidikan. Kolom ini didukung oleh Tanoto Foundation dan dipersembahkan dari dan untuk para penggerak pendidikan, baik guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dosen, dan pemangku kepentingan lain, dalam dunia pendidikan untuk saling menginspirasi.

Strategi Belajar dari Rumah Dengan dan Tanpa Internet di Tahun Ajaran Baru

Kompas.com - 29/05/2020, 20:41 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Makinuddin Samin | Spesialis Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah Program Pintar Tanoto Foundation

Kompas.com - Belajar jarak jauh merupakan hal baru, tak sedikit guru dan kepala sekolah mengalami kebingungan menyelenggarakan belajar dari rumah.

Akhirnya yang terjadi, guru memberi penugasan yang sekadar mengisi waktu seperti meringkas atau mengerjakan soal-soal di buku paket.

Namun, Covid-19 setidaknya telah memberikan sebuah pembelajaran kepada para pendidik selama PSBB ini bagaimana menyusun strategi lebih baik dalam BDR (belajar dari rumah) menghadapi tahun ajaran baru nanti.

Pembelajaran dari rumah, menurut penulis bisa dipilah menjadi dua bentuk: belajar dengan penugasan dan belajar jarak jauh/daring. Keduanya dilakukan demi pencegahan penularan Covid-19.

Belajar berbasis penugasan

Belajar dengan penugasan dilakukan sebagai jalan keluar menghadapi sejumlah keterbatasan yang dimiliki guru, orangtua, maupun siswa menyelenggarakan belajar daring.

Tak banyak guru yang terbiasa dengan pembelajaran daring. Tak semua orangtua dan siswa memiliki perangkat komunikasi (android) atau kemudahan mengakses sinyal internet.

Meskipun begitu tak sedikit pilihan sekolah untuk bisa menyelenggarakan belajar dari rumah dengan penugasan. Lalu apa pilihannya?

1. Pengaturan waktu dan jarak di sekolah

Kepala sekolah bisa mengatur penjadwalan pengambilan tugas di sekolah dari guru untuk siswa. Kelas dan Rombongan Belajar (Rombel) diatur terpisah waktu dan jarak saat pengambilan tugas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.