4 Tips Kembangkan Keterampilan Awal Matematika pada Anak

Kompas.com - 29/05/2020, 16:33 WIB
Tangkapan layar dari akun instagram Direktorat PAUD. DOK.Instagram Direktorat PAUDTangkapan layar dari akun instagram Direktorat PAUD.
|

KOMPAS.com - Anak- anak usia balita harus diberikan pembelajaran yang baik. Tapi, pembelajaran itu tentu haruslah yang mudah dipahami sang anak.

Apalagi, anak juga harus diberikan pemahaman dari konsep korespondensi satu-satu. Ini sangat penting bagi anak, karena hampir disetiap kondisi, keterampilan ini dibutuhkan dan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Bahkan bisa bermanfaat untuk kebutuhan saat dewasa nanti. Untuk itulah anak perlu memahami konsep ini.

Baca juga: Kemdikbud: Guru Diimbau Tak Bebani Anak PAUD dan Orangtua dengan Tugas

Merangkum akun Instagram Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) RI, Kamis (28/5/2020), berikut ini tips mengembangkan kemampuan korespondensi satu-satu pada anak.

Arti korespondensi satu-satu

Korespondensi satu-satu adalah keterampilan awal matematika yang penting untuk anak. Banyak anak bisa menyebutkan angka dan urutannya seperti 1,2,3,4,5 dan seterusnya dengan mudah.

Tetapi ini menunjukkan bahwa mereka hafal dan belum tentu mereka memahami jumlah objek atau bendanya.

Pemahaman konsep korespondensi satu-satu sangat penting bagi anak, karena hampir disetiap kondisi, keterampilan ini dibutuhkan dan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dan kebutuhannya saat dewasa nanti.

Agar anak mudah memahami konsep ini, berikut 4 tips yang dapat dilakukan orang tua dan guru bersama anak:

1. Sediakan waktu bersama

Cara pertama ialah menyediakan waktu bersama anak untuk menghitung benda-benda kongkrit di sekitar.

Contoh:
Ketika orang tua mau memasak, ajak anak dalam kegiatan itu, kemudian ajak ia untuk menghitung berapa butir telur, berapa buah tomat, berapa helai daun bayam dan bahan masak lainnya.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X