Kompas.com - 10/07/2020, 13:31 WIB
Ilustrasi anak membantu ibu di rumah amanaimagesRFIlustrasi anak membantu ibu di rumah
|

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, pembelajaran tatap muka di kelas ditiadakan. Sebagai gantinya, siswa mengikuti pembelajaran daring atau online.

Karena ikut pembelajaran di rumah, tentu siswa atau anak menjadi lebih banyak beraktivitas di rumah. Karena itu, anak menjadi lebih dekat dengan orang tua.

Pada jenjang anak PAUD dan SD, para orang tua harus merancang dan menyiapkan materi pembelajaran, baik penugasan dari guru di sekolah ataupun inisiatif orang tua sendiri.

Baca juga: Kenali Ciri Anak Usia Dini untuk Dukung Tumbuh Kembangnya

Bagi orang tua, tentu ini menjadi tantangan juga pengalaman baru karena harus menyampaikan materi dari guru kepada anaknya.

Libatkan dalam pekerjaan rumah tangga

Sebenarnya, orang tua dapat melakukan proses pembelajaran bagi anak, terutama pada anak usia dini melalui upaya melibatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga.

Dalam Webinar "Rumahku Sekolahku: Kelas Orang Tua Berbagi" Episode 1, Sabtu (4/7/2020), salah satu orang tua dari anak Micel (6 tahun), siswi di TK Kartika VI-31 di Mimika, Papua, berbagi pengalamannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menuturkan pengalamannya dalam membimbing anak di rumah selama pandemi Covid-19 sejak tiga bulan lalu. Tentu ada beberapa hal yang dia sampaikan.

Menurut dia, orang tua harus mampu menanamkan tiga hal pada anak usia dini selama masa pandemi ini, yakni:

1. Disiplin

Anak harus dibiasakan disiplin waktu, misalnya membiasakan bangun pagi. Atau ketika waktunya belajar, maka harus belajar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.