Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2020, 09:56 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melepas penat atau rasa stres. Salah satunya dengan terapi di suatu tempat yang sejuk dan indah.

Tapi, kini ada tren baru yakni terapi hutan (healing forest). Ini bisa menjadi cara baru untuk memulihkan stres baik fisik maupun mental.

Terapi ini dapat dilakukan dengan cara memasuki kawasan hutan. Kemudian membiarkan hutan tersebut terhubung dengan semua indera manusia.

Seperti indra penciuman, penglihatan, pendengaran, pengecap, peraba dan gerakan. Semua anggota tubuh akan terhubung dengan suasana di hutan.

Baca juga: Dosen ITB Bagikan Tips Membuat Perencanaan Keuangan saat Pandemi

Dalam webinar yang digelar Kelompok Keahlian Manajemen Sumber Daya Hayati (MSDH) yang tergabung dalam fakultas Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) Institut Teknologi Bandung (ITB) beberapa waktu lalu, disinggung mengenai terapi hutan.

Webinar bertajuk "Prospek Wisata Alam Memasuki New Normal" menghadirkan beberapa narasumber, salah satunya Ir. Wiratno, M.Sc., Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menurutnya, penutupan kawasan konservasi didasari oleh berbagai pertimbangan utama yaitu arahan pemerintah, social distancing, dan menghindari penyebaran dan penularan Covid-19.

Dijelaskan, terdapat 54 Taman Nasional, 134 Taman Wisata Alam, dan 80 Suaka Margasatwa yang ditutup untuk kunjungan wisata alam.

4 kebijakan penutupan kawasan konservasi:

  1. Pemerintah meminta masyarakat mengurangi mobilitas di luar rumah.
  2. Social distancing/physical distancing atau menghindari kerumunan.
  3. Menghindari penyebaran Covid-19 dari pengunjung ke petugas atau sebaliknya.
  4. Menghindari potensi penularan Covid-19 dari pengunjung yang mungkin menjadi carrier kepada satwa liar.

Namun, seiring berlakunya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), ia memaparkan terdapat beberapa kebijakan untuk reaktivasi pariwisata yang tertuang dalam empat poin prioritas, yaitu:

  • kesehatan dan keamanan
  • potensi wisatawan domestik
  • pemanfaatan teknologi infomasi
  • kolaborasi untuk pemulihan pariwisata

"Sampai saat ini rencana pembukaan kembali daerah wisata sekitar 29 site, lalu persiapan pembukaan hanya untuk daerah kabupaten zona kuning dan hijau," ujarnya seperti dikutip dari laman ITB, Kamis (6/8/2020).

Dijelaskan, semua itu dimulai dari 10-20 persen pengunjung. Sebelum dibuka perlu dilakukan simulasi terpadu di setiap titik.

Tak hanya itu saja, pada pembukaan juga hanya dibuka satu titik agar bisa terkontrol, dan dievaluasi setiap minggu oleh tim untuk memastikan kesehatan dan keamanan.

Perbaiki psikologi di era new normal

Sementara Dr. Hikmat Ramdan, Anggota Kelompok Keilmuan Manajemen Sumber Daya Hayati (MSDH) SITH ITB, menjelaskan "prospek healing forest di era new normal".

Healing forest menjadi suatu konsep yang potensial untuk dikembangkan dalam kehutanan karena berhubungan dengan masalah kesehatan dan psikologi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com