Kompas.com - 24/08/2020, 11:43 WIB
Ilustrasi dana darurat. Dok. KredivoIlustrasi dana darurat.
|

KOMPAS.com - Anak muda saat ini pasti suka jajan atau membeli sesuatu yang disukai. Tapi, seringkali anak muda lupa ketika membeli sesuatu dengan uangnya.

Sehingga terkadang uangnya cepat habis. Padahal, ternyata ada sesuatu yang harus dibeli atau digunakan untuk kebutuhan yang sangat mendesak.

Karena itu, perlukah anak muda khususnya pelajar dan mahasiswa memiliki dana darurat? Apa pengertian dana darurat? Terus berapa jumlah yang dibutuhkan?

Baca juga: Tertarik Kuliah yang Mendalami Indonesia? Berikut 7 Pilihan Prodinya

Merangkum dari laman Rencanamu.id, berikut pengertian dana darurat dan pentingnya bagi pelajar maupun mahasiswa.

Pengertian dana darurat

Dana darurat merupakan dana khusus untuk kebutuhan yang sifatnya tiba-tiba, penting, dan mendesak. Contohnya jika ada anggota keluarga yang sakit atau kecelakaan dan butuh biaya operasi maka bisa dipakai.

Atau ketika dalam masa pandemi ini, maka dana darurat akan sangat berguna terlebih untuk memenuhi biaya hidup sehari-hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anak muda butuh dana darurat?

Meski tidak ada batasan usia, tetapi anak muda juga penting memiliki dana darurat. Karena dapat membiasakan untuk menyimpan dana darurat.

Sebab, dana darurat akan sangat membantu dirimu dan keluarga. Misalnya mendadak keuangan orang tua bulan ini habis untuk memperbaiki mobil.

Karena kebetulan keuangan orang tua sedang habis, dan kamu butuh dana untuk mendaftar les, maka kamu bisa menggunakan dana darurat milikmu.

Cara menghitungnya

Idealnya, dana darurat itu 3 hingga 6 kali dari kebutuhan pengeluaran dalam sebulan. Atau ini rumusnya:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X