Gerakan "Aku Baca" Kompas Gramedia Dukung "Desa Membaca, Membaca Desa"

Kompas.com - 19/09/2020, 15:18 WIB
Serah terima donasi lebih dari 300 eksemplar buku dari #AkuBaca untuk Taman Baca Pojok Budaya Panggungharjo, Yogyakarta pada Rabu (16/9/2020). DOK. KOMPAS GRAMEDIASerah terima donasi lebih dari 300 eksemplar buku dari #AkuBaca untuk Taman Baca Pojok Budaya Panggungharjo, Yogyakarta pada Rabu (16/9/2020).

KOMPAS.com – Gerakan literasi "Aku Baca" dari Kompas Gramedia (KG) mendonasikan lebih dari 300 eksemplar buku untuk menumbuhkan minat serta budaya membaca kepada Taman Baca Pojok Budaya Panggungharjo di Yogyakarta pada Rabu (16/9/2020).

Melalui program bertajuk Desa Membaca, Membaca Desa, gerakan #AkuBaca berkolaborasi dengan Pojok Budaya Panggungharjo agar masyarakat bisa menggali dan merevitalisasi nilai budaya lokal lewat literasi.

Kepala Desa Panggungharjo Wahyudi pun menyampaikan terima kasih atas kolaborasi ini.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Gerakan #AkuBaca dan Kompas Gramedia yang turut berkolaborasi dan berkontribusi dalam upaya pengembangan Desa Panggungharjo,” ujar Wahyudi saat acara donasi buku. 

Baca juga: Najwa Shihab: Ada 4 Miskonsepsi dan Tantangan Literasi di Era Digital

Gerakan kolaborasi literasi ini dapat terjadi karena kedua belah pihak memiliki visi misi terpadu dan selaras dalam gerak langkah di bidang literasi.

Terkait tingkat literasi di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah membuat peneltiian untuk menentukan Indeks Aktivitas Literasi Membaca (Alibaca) pada 2019.

Berdasarkan riset tersebut, Kemendikbud menemukan rata-rata indeks Alibaca di Indonesia tergolong rendah dengan angka 37,32 persen. Dari 16 indikator untuk menghitung hasil riset ini, masyarakat yang memiliki budaya untuk memanfaatkan taman bacaan masih tergolong sangat rendah (1,03).

Peran dunia usaha untuk literasi

Tim penelitian pemeringkatan literasi melalui indeks literasi nasional ini memberi rekomendasi kepada pemerintah pusat maupun daerah, swasta atau dunia usaha, dan masyarakat untuk turut menaikan angka literasi di Indonesia.

Bagi swasta, perusahaan dapat mendukung dengan membantu penambahan koleksi buku dan pemenuhan akses terhadap bahan-bahan literasi melalui dana tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility / CSR), seperti tindakan Kompas Gramedia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X