Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2020, 18:09 WIB
Elisabeth Diandra Sandi,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 tidak menghalangi guru dan siswa untuk menghasilkan karya kreatif serta kolaboratif dalam melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) inovatif.

Dalam Lomba Pembelajaran Kreatif dan Kolaboratif Guru-Siswa tingkat nasional, 20 karya kolaboratif pengajar dengan siswa mendapatkan apresiasi Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR), pada Kamis (17/9/2020) lewat aplikasi Zoom.

Dua puluh pemenang lomba dari kategori guru SD dan SMP mendapat total hadiah sebesar 111 juta rupiah.

Baca juga: 7 Tips Peran Penting Sekolah Hindari Kekerasan saat Belajar di Rumah

Lomba ini digelar sebagai wadah saling bertukar ide dan inspirasi selama proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selain itu, YPA juga ingin mencetak generasi penerus yang siap menghadapi era digital.

Direktur PT Astra International Tbk dan Ketua Dewan Pembina YPA-MDR Gita Tiffani Boer mengatakan, lomba ini diadakan berkesinambungan untuk memberikan kontribusi bagi pendidikan Indonesia.

“Inilah salah satu wujud peran Astra melalui YPA-MDR dalam kontribusi sosial berkesinambungan di bidang pendidikan. Program-program yang diberikan bukanlah sekadar charity, melainkan sebuah proses pembinaan yang terpola, terstruktur yang dampaknya terukur,” jelas Gita.

YPA-MDR memberikan apresiasi terhadap guru yang sudah melakukan inovasi dan sepenuh hati mengabdikan dirinya pada dunia pendidikan. Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada guru dan siswa yang melakukan proses pembelajaran melalui metode kreatif.

Gita berharap, lomba ini dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara dengan memberikan inspirasi untuk banyak pihak. Ujungnya, pendidikan di Indonesia bisa mengalami kemajuan.

Perjalanan menjadi juara

Sejak kompetisi dimulai pada Jumat (24/1/2020), panitia berhasil mengumpulkan 220 video pembelajaran dari peserta di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com