Mau Masuk Jurusan Hubungan Internasional? Cek 5 Kampus Swasta Ini

Kompas.com - 01/10/2020, 09:22 WIB
Ilustrasi seorang sedang mencatat. DOK. PEXELSIlustrasi seorang sedang mencatat.

 

KOMPAS.com – Selain Perguruan Tinggi Negeri (PTN), beberapa kampus swasta juga membuka pembelajaran Hubungan Internasional (HI) untuk gelar sarjana (S1).

Melalui pembelajaran ilmu HI, mahasiswa mempelajari hubungan antarnegara dengan menyinggung bidang ekonomi, politik, hukum, dan sosiologi.

Walaupun jurusan ini masuk ke bidang sosial humaniora, tetapi siswa dari IPS maupun IPA bisa mendaftarkan diri untuk belajar HI.

Baca juga: Dari Diplomat hingga Enterpreneur, Ini Prospek Karier Mahasiswa HI

Cukup banyak universitas swasta yang membuka pembelajaran jurusan HI, tetapi hanya ada 5 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memeroleh akreditasi A pada jurusan ini.

Berdasarkan data dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi per September 2020, berikut ini merupakan 5 kampus swasta yang terakreditasi A untuk jurusan HI.

1. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang terletak di daerah Bandung ini merupakan salah satu PTS tertua di Indonesia.

Dalam laporan bertajuk “2020 Indonesian University Ranking” dari 4 International Colleges & Universities (4ICU), Unpar menduduki peringkat ke-77 dalam daftar universitas terbaik di Indonesia tahun ini.

Hubungan Internasional merupakan jurusan yang berbasis pada ilmu politik. Akan tetapi, HI juga bersinggungan dengan displin ilmu lainnya, seperti sejarah dan geografi.

2. Universitas Islam Riau

Selain Unpar, Unviersitas Islam Riau juga membuka peluang bagi calon mahasiswa untuk memperlajari ilmu HI.

Sejak 1962, Universitas Islam Riau sudah berdiri sehingga menjadi universitas tertua di Pekanbaru, Riau.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X