Webinar UNY: Cara Manfaatkan Peluang Usaha Boga, Busana, dan Rias

Kompas.com - 16/10/2020, 17:57 WIB
ilustrasi makanan beku shutterstockilustrasi makanan beku
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membawa dampak negatif diberbagai sektor. Tak terkecuali sektor ekonomi. Banyak warga yang terpaksa kehilangan pekerjaan.

Namun, banyak pula yang bangkit dan memanfaatkan berbagai peluang usaha agar bisa mendapatkan penghasilan atau tetap berjuang hidup di masa pandemi ini.

Terkait hal itu, Himpunan Mahasiswa Boga & Busana (Himagana) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY) menyelenggarakan webinar F2B bertema "Memanfaatkan Peluang Inovasi Food, Fashion, and Beauty di Tengah Pandemi".

Acara tersebut dilaksanakan secara daring melalui Zoom. Pandemi Covid-19 membawa dampak besar pada perekonomian di Indonesia, termasuk usaha dalam bidang boga, busana, dan rias.

Baca juga: Daun Ciplukan Diteliti Mahasiswa UNY Jadi Obat Jerawat

Sehingga para pelaku bisnis dituntut untuk terus kreatif memunculkan berbagai inovasi di tengah pandemi.

Bidang boga

Salah satu narsumber, Fickri Rahmawan (Top 10 Master Chef Indonesia Season 5) menyatakan pentingnya inovasi dalam bisnis.

"Inovasi dalam bisnis bisa membuat persaingan dagang semakin kompetitif, sehingga pelaku usaha yang melakukan inovasi yang out of the box dan berkualitas biasanya akan memenangkan pasar," ujar Fickri seperti dikutip dari laman UNY, Jumat (16/10/2020).

Untuk menciptakan inovasi menurut Fickri yaitu dengan:

  • market research
  • ideas
  • screaning
  • testing
  • market test
  • ideas
  • marketing plan
  • launch

Ketika akan berinovasi pasti ada banyak kendala dan ketakutan, namun itu semua harus dihilangkan. Percuma jika inovasi bagus, tetapi takut pada apa yang belum terjadi.

"Inovasi harus melangkah ke depan bukan melangkah di tempat. Biasakan dari sekarang berinovasi untuk tiga bulan ke depan atau minimal dua bulan dan berinovasi sejauh mungkin," jelasnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X