Kompas.com - 19/10/2020, 08:24 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa
|

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Program Duta Edukasi Perubahan Perilaku.

Program tersebut merupakan salah satu bentuk program berkelanjutan dari Relawan Covid-19 (Recon) dan KKN Tematik yang digerakkan oleh mahasiswa sebagai agen perubahan dan generasi solutif.

Tugas mahasiswa sebagai duta edukasi memiliki amanah yang besar untuk menggerakkan perubahan perilaku hidup sehat.

Baca juga: Mahasiswa, Petik 4 Pelajaran Berharga Ini Selama di Rumah Saja

Oleh karena itu, Ditjen Dikti memberikan pembekalan kepada para duta edukasi perubahan perilaku (EPP), mulai dari sisi:

  • substansi edukasi
  • strategi edukasi
  • hingga strategi komunikasi yang efektif agar pemberian edukasi kepada masyarakat menjadi tepat sasaran.

"Proses pembekalan diharapkan dapat dilakukan secara berkala," ujar Aris Junaidi, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada Pembekalan Duta Edukasi Perubahan Perilaku, Rabu (14/10/2020) dikutip dari laman Ditjen Dikti.

Diharapkan, program ini menjadi pembelajaran sepanjang hayat bagi mahasiswa sekaligus menjadi aplikasi nyata dari Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satu mahasiswa berdampak luas

Menurut Aris, jika 1 mahasiswa dapat mengubah satu orang saja, maka ini berdampak pada satu keluarga dan seterusnya sehingga terjadi perubahan kolektif.

Hal ini penting dilakukan, sebab sampai saat ini jumlah pasien yang terjangkit Covid-19 terus meningkat. Bahkan tingkat kematian juga sangat tinggi.

Dijelaskan Widyaprada Ahli Utama Kemendikbud, Harris Iskandar yang juga menangani bidang perubahan perilaku Satgas Covid-19, di Indonesia terdapat 10 Provinsi dan 53 Kabupaten/Kota dengan tingkat penyebaran virus tertinggi.

Adapun 10 provinsi tersebut ialah:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X