Webinar UGM: Begini Cara Meraih Peluang Kerja Saat Pandemi

Kompas.com - 22/10/2020, 17:01 WIB
Ilustrasi mencari pekerjaan fizkesIlustrasi mencari pekerjaan
|

KOMPAS.com - Bagi sebagian besar masyarakat, mencari pekerjaan adalah sesuatu yang tak mudah. Disamping harus bersaing banyak orang, jumlah lapangan kerja juga tidak banyak.

Terlebih dalam masa pandemi Covid-19, kondisi tersebut menjadi tantangan baru bagi para pencari kerja untuk meraih peluang kerja di masa pandemi.

Namun, dalam webinar yang digelar Universitas Gadjah Mada ( UGM) dan Kagama, Kamis (22/10/2020), dibagikan tips bagi para pencari kerja terkait cara meraih peluang kerja di tengah pandemi corona.

Baca juga: Lowongan Lulusan SMK Minggu Ketiga Oktober 2020, Banyak Formasi!

Pahami kondisi perusahaan

Menurut salah satu narasumber, Direktur PT. Yoda Karya, perusahaan BUMN Ir. Delta Hatmantari, S., ada beberapa tips:

1. Memahami kondisi industri apakah terdampak pandemi dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk bertahan dari kondisi yang tak menentu.

2. Mempercantik daftar riwayat hidup (CV). Dimulai dengan:

  • membuat portofolio yang mudah dipahami
  • menonjolkan pengalaman yang relevan dengan posisi yang akan dilamar
  • menonjolkan keterampilan yang dimiliki terutama yang jarang dimiliki orang lain
  • membuat desain CV yang menarik

Untuk meraih peluang kerja di masa pandemi juga dapat dilakukan dengan meningkatkan kemampuan baik secara otodidak maupun yang diperoleh melalui kuliah online, pelatihan industri, serta kursus.

"Kemudian membangun jaringan seluas-luasnya. Selain itu jadilah pencari kerja yang selektif, bukan pilih-pilih," ujar Delta seperti dikutip dari laman UGM.

Pada webinar tersebut juga mengundang sejumlah alumni UGM untuk berbagi pengalaman dalam dunia kerja.

Ditambahkan Delta, peluang dan jabatan akan muncul seiring pengalaman dan prestasi. Negosiasi gaji pun akan lebih mudah saat pengalaman kerja melimpah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X