Kemendikbud: Berikut 8 Tips Dukung Kreativitas Anak

Kompas.com - 09/11/2020, 07:34 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
|

KOMPAS.com - Seiring perkembangan zaman, semua serba canggih. Kecanggihan itu tentu hasil dari kreativitas dan inovasi manusia.

Agar manusia di Indonesia kreatif dan inovatif maka harus belajar sejak dini. Salah satunya sejak duduk di bangku sekolah.

Tetapi, bagaimana cara mendukung kreativitas anak? Melansir akun Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Minggu (8/11/2020), ini informasinya.

Kreatif merupakan salah satu profil dari Pelajar Pancasila. Yakni:

  1. Salah satu kecenderungan global saat ini adalah semakin tegasnya fenomena abad kreatif. Hal ini menempatkan informasi, kreativitas, pengetahuan, inovasi, dan jejaring sebagai sumber daya strategis bagi individu, masyarakat, korporasi, dan negara.
  2. Kreativitas membantu anak-anak menjadi lebih percaya diri, mengembangkan keterampilan sosial, dan belajar lebih baik.
  3. Kreativitas juga salah satu keterampilan penting untuk bisa bertahan di abad 21.

Baca juga: Orangtua, Ini Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Usia Dini

Berikut ini 8 tips atau cara untuk mendukung kreativitas anak:

1. Sediakan pojok berkarya

Sediakan sebuah ruangan tempat anak dapat berkarya. Ruangannya tidak perlu besar, tetapi yang terpenting anak merasa leluasa.

2. Membuat kegiatan yang sederhana

Memastikan kegiatan yang akan dilakukan cukup sederhana agar mudah diikuti oleh anak-anak.

3. Berikan waktu bebas

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X