Kompas.com - 26/11/2020, 04:55 WIB
Ilustrasi tanaman obat shutterstockIlustrasi tanaman obat
|

KOMPAS.com - Meski dalam masa pandemi Covid-19, mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) tetap mengadakan pengabdian masyarakat.

Melansir laman Farmasi UGM, Rabu (25/11/2020), kegiatan kembali digelar di desa binaan Fakultas Farmasi UGM sejak tahun 2018 yakni Desa Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Pada kegiatan pertama 21 November 2020 oleh Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Farmasi UGM yang diketuai oleh Dr. apt. Nunung Yuniarti, M.Si. bersama mahasiswa PSPA.

Kegiatan ini berupa penyaluran bantuan alat pelindung diri (APD) berupa masker kain, gloves, thermo gun dan hand sanitizer kepada Kelurahan Wanurejo.

Baca juga: Rektor UGM: Ini 4 Hal Kontribusi Filsafat Bangun Tata Dunia Baru

Penyerahan bantuan APD ini diharapkan sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 di Desa Wanurejo, Borobudur.

Edukasi tanaman obat

Untuk kegiatan kedua 22 November 2020, di bawah komando Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama dan Alumni Fakultas Farmasi UGM Dr. R.R. Endang Lukitaningsih, M.Si, Apt.

Adapun diadakan penyampaian materi edukasi tanaman obat dan pelatihan pengolahan tanaman obat melalui pembuatan simplisia.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Dosen Fakultas Farmasi UGM yaitu Dr. Djoko Santosa, M.Si., ahli dalam bidang farmakognosi, dan Dr. apt. Ika Puspita Sari, M.Si., ahli dalam bidang farmakologi dan farmasi klinis.

Selanjutnya, dilakukan pembinaan Herba Center oleh Dr. apt. Nunung Yuniarti, M.Si. Bentuk pembinaan yang dilakukan adalah edukasi jenis-jenis tanaman obat yang berfungsi membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kegiatan berikutnya adalah pemberian etiket (papan nama) tanaman obat yang ada di demplot Toga Wanurejo dan mendata semua tanamannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X