6 Tips agar Bunda Tidak Merasa Sendirian Saat Pandemi

Kompas.com - 06/12/2020, 07:31 WIB
Ilustrasi menjaga kesehatan ibu dan anak di masa pandemi Covid-19. SHUTTERSTOCK/FamVeldIlustrasi menjaga kesehatan ibu dan anak di masa pandemi Covid-19.
|

KOMPAS.com - Tugas seorang ibu atau bunda cukup berat. Terutama saat harus merawat dan membesarkan anak. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini.

Meski begitu, seorang ibu harus tetap semangat dalam memberikan kasih sayangnya. Meski melelahkan, tetapi bunda harus ingat bahwa Anda juga tidak sendirian.

Bunda menjaga diri sama dengan menjaga orang lain. Karena itu, bunda harus paham tips yang dapat membantu Anda untuk bisa terus kuat dalam menghadapi situasi sulit akibat pandemi.

Melansir akun Instagram Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa (PPPPTK TK & PLB) Kemendikbud, Sabtu (5/12/2020), berikut ini 6 tipsnya:

1. Terima emosi negatif Anda

Tidak ada yang salah ketika Anda merasa emosional, sedih, putus asa, atau terganggu. Itu adalah perasaan yang umum pada kondisi saat ini.

Baca juga: Seperti Ini Awal Perkembangan Literasi Anak dan Cara Mengajarkannya

Identifikasi dan amati perasaan Anda. Apa yang membuat Anda mempunyai perasaan itu? Apa solusi yang bisa anda pikirkan? Coba ambil keputusan dan lakukan. Bersabar dan berbaik hatilah pada diri Anda jika situasi tidak segera berubah.

2. Kelola waktu Anda

Kelola waktu untuk makan, mengurus anak, bekerja, dan juga menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman serta melakukan kegiatan yang membuat Anda merasa senang.

3. Pikiran sehat ada pada tubuh yang sehat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X