Kompas.com - 09/12/2020, 08:27 WIB
Sejumlah pelajar melakukan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Balai Warga RT 05/RW 02 Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2020). JAK Wifi adalah program internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta yang ditujukan untuk pelajar di permukiman padat penduduk yang kesulitan mengakses internet. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSejumlah pelajar melakukan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Balai Warga RT 05/RW 02 Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (1/9/2020). JAK Wifi adalah program internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta yang ditujukan untuk pelajar di permukiman padat penduduk yang kesulitan mengakses internet.
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 hingga kini belum berakhir. Selama berbulan-bulan, siswa maupun mahasiswa mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Hanya saja, lamanya PJJ itu tentu membawa dampak negatif tak hanya bagi siswa dan mahasiswa, tetapi juga bagi guru dan dosen.

Tak heran jika ada siswa yang mengalami stres, jenuh, dan sakit karena PJJ di masa pandemi ini. Banyak pula permasalahan lain yang dialami siswa.

Terkait hal itu, kelompok mahasiswa pada mata kuliah Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan II, Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair mengadakan webinar dengan sasaran siswa SMAN 5 Madiun.

Baca juga: 6 Tips Hindari Stres Saat Pandemi dari Kemendikbud

Webinar yang membahas mengenai manajemen stres selama pandemi Covid-19 pada Kamis (26/11/2020) tersebut pembicaranya ialah Kartika Ayu Masyitha, mahasiswa Fakultas Pasikologi (FPsi) Unair yang diwisuda pada periode Desember 2020.

Menurut dia, terdapat dua jenis coping stress yang dapat dilakukan ketika individu mengalami tekanan. Yaitu emotion focused coping dan problem focused coping.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pada problem focused coping, kita berusaha untuk mengetahui masalah yang membuat kita stres dan berusaha untuk menyelesaikan permasalahan tersebut," ujar Kartika seperti dikutip dari laman Unair, Selasa (8/12/2020).

Tips manajemen stres

Adapun yang bisa siswa maupun mahasiswa lakukan untuk menjalani PJJ dan menghindari atau menghadapi stres antara lain:

  1. memiliki ruang kerja khusus
  2. menetapkan jam sekolah
  3. memiliki rutinitas dan dituliskan
  4. mengambil jeda
  5. mengakhiri hari dengan sengaja
  6. siswa juga perlu bersyukur
  7. mempraktikan aktivitas yang sehat
  8. terkoneksi dengan teman
  9. tidur yang cukup

"Ruang kerja khusus ini juga dapat berupa meja kerja atau meja belajar. Dengan adanya ruang khusus tersebut akan dapat mengaktifkan alarm dalam otak agar ketika kita berada pada ruang tersebut artinya kita harus bekerja atau belajar," terang Kartika.

Kemudian, aktivitas yang sehat dapat berupa:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X