Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sukses Raih Pekerjaan Impian Setelah Lulus Kuliah

Kompas.com - 03/01/2021, 07:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Lulus dari bangku kuliah, hal yang bakal dilakukan ialah segera mencari pekerjaan. Sebagai seseorang yang baru saja menyandang gelar fresh graduate tentu harus punya semangat.

Jika semangat tentu ada banyak jalan untuk meraih sukses dalam mendapatkan pekerjaan pertama. Namun, para fresh graduate butuh tips agar bisa sukses dapat pekerjaan.

Melansir laman Alumni UGM, Minggu (3/1/2021), simak tips-tips di bawah ini agar kamu semakin percaya diri dalam mencari pekerjaan pertama sehabis lulus kuliah.

Secara umum, saat ini terdapat 2 metode rekrutmen perusahaan dalam mencari karyawan baru, yaitu metode offline dan online.

Baca juga: 4 Tips Permudah Dapat Kerja bagi Fresh Graduate Minim Pengalaman

Metode Offline

Dalam metode rekrutmen offline, jenis tes yang diujikan antara lain psikotes, assessment test, interview, FGD, LGD, job function, dan medical check up.

1. Psikotes

Berbagai contoh psikotes saat ini sudah dapat ditemukan di internet dan dipelajari sebagai bekal menghadapi psikotes.

Salah satu model psikotes yang selalu ada di perusahaan-perusahaan yaitu menghitung angka yang dibatasi dengan timer di mana semakin lama waktunya akan semakin singkat.

Tes ini biasa disebut juga dengan Tes Kraepelin. Jenis tes ini bertujuan untuk menguji dan melihat endurance atau daya tahan calon karyawan, apakah jika diberi tekanan terus menerus ia tetap bertahan ataukah menurun performanya. Selain itu, tentu saja ketelitian calon karyawan juga akan terlihat dari hasil tes ini.

Trik lulus dalam tahap psikotes adalah jangan terlalu memaksakan di awal. Untuk Tes Kraepelin sendiri, hafalkan penjumlahan angka/bilangan mulai dari 0 sampai dengan 20.

2. Interview

Ketika interview, sebenarnya kita sedang menjual semua bagian dari diri kita atau biasa disebut dengan personal branding.

Hal-hal yang biasanya menyebabkan seseorang gagal di tahap interview antara lain:

  • sulit memahami maksud pertanyaan dari interviewer
  • memberikan jawaban yang bertele-tele (tidak to the point ke hal yang ditanyakan)
  • jawaban yang keluar dari konteks pertanyaan.

Tips agar lulus di tahap interview adalah mempersiapkan diri dengan membuat list/daftar 1–20 kelebihan dan kekurangan diri kamu. Ketika interview, ceritakan achievement (pencapaian atau prestasi) yang pernah kamu raih (success story).

Di akhir interview, biasanya interviewer akan memberikan kesempatan bertanya kepada kandidat. Beberapa pertanyaan yang dapat kamu tanyakan antara lain:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com