Kompas.com - 03/01/2021, 11:12 WIB
Contoh pendampingan orang tua pada anak usia dini. DOK.Laman Direktorat PAUDContoh pendampingan orang tua pada anak usia dini.
|

KOMPAS.com - Setiap orang tua pasti ingin agar anaknya kelak menguasai bahasa asing. Tentu harapannya anak bisa mudah dalam menggapai cita-citanya.

Agar anak Anda lancar berbahasa asing atau belajar dua bahasa sekaligus saat masih kecil, maka orang tua harus paham caranya.

Namun, sebelum mengajarkan anak bahasa asing, pastikan dahulu anak sudah paham bahasa ibu.

Melansir laman Universitas Indonesia (UI), Minggu (3/1/2021), Dra. Mayke S. Tedjasaputra M, Si, dosen perkembangan anak Fakultas Psikologi UI menjelasakan, orang tua harus peka terhadap anak mereka.

Baca juga: 4 Prinsip Gizi Seimbang bagi Anak Usia Dini

Tentu apakah anak mereka sudah mampu menerima dua bahasa sekaligus atau belum. Jika sudah, maka anak bisa diajarkan dua bahasa.

Usia yang baik untuk mengenalkan atau belajar bahasa pada anak atau anak usia dini yakni usia 0-6 tahun atau di usia golden age.

Pada usia tersebut, kemampunan bahasa pertama anak sudah matang dan bisa diperkenalkan pada bahasa kedua.

Tips sederhana bagi anak

Berikut ini tips agar anak lebih mengenal bahasa asing melalui beberapa metode.

1. Dengan buku cerita

Sejak ibu mengandung, sang ibu bisa mulai mengajak berkomunikasi dengan anak dengan membacakan buku cerita.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X