Kompas.com - 11/01/2021, 17:42 WIB
Ilustrasi uang KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi uang
|

KOMPAS.com - Ketika lulus sekolah atau kuliah (fresh graduate) dan langsung mendapatkan pekerjaan, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi seseorang.

Namun yang menarik ialah saat sudah bekerja selama sebulan, hal yang paling dinantikan ialah gaji pertama. Pasti, seseorang bakal punya keinginan apa yang akan dibeli.

Keinginan untuk segera membeli barang-barang yang diinginkan tentunya seringkali menjadi tujuan awal saat pertama kali menerima gaji.

Sehingga akhirnya tidak dapat memenuhi kebutuhan primer dan sekunder diri sendiri. Bagi kamu para fresh graduate yang akan menerima gaji pertama, maka harus perhatikan hal-hal ini.

Baca juga: 6 Tips Sukses Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan untuk bisa mengatur gaji pertamamu agar tidak habis begitu saja dan bisa mulai menabung untuk investasi masa depan. Informasi dirangkum dari laman Alumni UGM.

1. Bisa mengontrol diri

Tingginya antusiasme saat menerima gaji pertama tentu dirasakan oleh hampir seluruh karyawan. Banyak yang langsung mencatat apa saja barang-barang yang ingin dibelinya, mulai dari sepatu, baju, aksesoris, dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, hal tersebut bukanlah untuk memenuhi kebutuhan melainkan hanya untuk kesenangan sesaat. Penting untuk bisa mengontrol diri dari membeli barang-barang yang bukan merupakan kebutuhan primer.

Memenuhi keinginan untuk kesenangan sesaat hanya akan menghabiskan gaji pertamamu dengan cepat. Untuk menghindarinya, mulailah membeli barang untuk kesenangan yang bertahan lama dan menunjang untuk kehidupan sehari-hari.

Memilah keinginan dan kebutuhan secara cerdas adalah cara untuk bisa berpikir dengan matang sebelum memutuskan untuk membeli barang.

2. Catat pemasukan dan pengeluaran

Euforia saat menerima gaji pertama akan berlangsung empat hari hingga satu minggu pertama. Hal ini biasanya membuat kita lupa diri dan terus ingin memanjakan diri setelah bekerja keras.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.