Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Tahu Pekerjaan yang Cocok di Era Society 5.0? Simak Ulasannya

Kompas.com - 12/01/2021, 14:20 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Jepang, telah mengumumkan era Society 5.0 pada 2019 lalu. Era ini sendiri berbeda dengan revolusi industri 4.0. Era Society 5.0, merupakan solusi dan tanggapan dari revolusi industri 4.0 yang penuh inovasi teknologi.

Dari revolusi industri 4.0 ada kekhawatiran akan timbulnya degradasi manusia. Tentu saja hal ini perlu solusi yang tepat.

Sementara, untuk solusi yang ditawarkan Society 5.0 sendiri adalah mewujudkan masyarakat yang di dalamnya benar-benar bisa menikmati hidup dan merasa nyaman. Meski, ada inovasi teknologi yang hebat.

Baca juga: Fresh Graduate Ingin Berkarier di Perusahaan Startup? Coba Tips Ini

Untuk itu, dalam era ini dibutuhkan pekerjaan yang cocok dan imbang dengan Society 5.0. Bagi mahasiwa yang saat ini menempuh studi di perguruan tinggi termasuk fresh graduate harus cermat memilih pekerjaan yang cocok. 

Melansir akun Instagram Ditjen Dikti, ada beberapa pekerjaan yang cocok bagi anak muda di era society 5.0. Apa saja ya pekerjaannya? berikut ulasannya:

1. Web Developer

Untuk memasarkan produknya, sebuah perusahaan tentu harus memanfaatkan segala hal. Termasuk ranah digital untuk memperluas jaringan dan jangkauan pemasaran. Setiap perusahaan butuh alamat daring berupa website untuk menjangkau konsumen lebih besar.

Untuk itu, peran Web Developer tentu harus menjadi pertimbangan di era digital ini. Karena, saat perusahaan memutuskan menggunakan website tentu ada bahasa pemrograman yang hanya bisa dilakukan Web Developer. Nah, jika ingin menjadi Web Developer, harus belajar front-end, back-end developer, HTML, dan CSS.

Baca juga: 6 Tips Sukses Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

2. App Developer

Setiap perusahaan yang ingin menjangkau konsumen, dengan cara digital haruslah terus berinovasi.

Salah satunya, menyediakan aplikasi di smartphone. Sekarang, cara ini banyak dilakukan pelaku usaha untuk menyasar konsumen.

Jika ingin menjadi app developer, maka kamu harus memiliki kemampuan algoritma dan logika pemrograman.

3. SEO (Search Engine Optimisation)

Jika web sudah dimiliki perusahaan, maka agar sebuah web bisa semakin luas jangkauannya perlu SEO specialist.

Tugasnya bertanggung jawab pada update hal apapun yang berkaitan dengan perkembangan informasi mengenai algoritma Google. Tentu, pekerjaan ini harus terus diperbarui mengikuti era nya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com