Kompas.com - 03/02/2021, 18:49 WIB
Ilustrasi Thinkstock/LorenzoantonucciIlustrasi
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 hampir satu tahun terjadi, pelajar di semua jenjang pendidikan diharuskan melakukan belajar di rumah.

Hal ini tentu mendatangkan rasa bosan bagi anak dan juga tantangan tersendiri bagi orangtua dalam mendampingi putra-putri mereka.

Meski berada di rumah, psikis anak juga perlu diperhatikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua untuk memastikan kondisi anak mereka dalam keadaan baik, dari sisi fisik maupun psikis.

Psikolog klinis dan juga Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Brigitta Erlita Tri A, M.Psi., mengatakan, pembelajaran di rumah yang dilakukan secara daring ini menyebabkan guru tidak bisa memantau langsung perkembangan muridnya.

Oleh karena itu orangtua atau keluarga berperan penting dalam mendampingi anak saat belajar daring. Ada banyak tantangan belajar daring dan tentu saja hal ini membutuhkan adaptasi bersama baik guru, orangtua, dan terutama siswa.

Perilaku anak yang perlu dicurigai orangtua

"Dalam proses adaptasi terkadang ada beberapa hal yang terjadi di luar kendali kita. Sehingga membutuhkan pendampingan dari psikolog," ujar Erlita kepada Kompas.com, Rabu (3/2/2021).

Baca juga: Menguatkan Peran Bimbingan Konseling Saat Belajar dari Rumah

Menurut Erlita ada beberapa perilaku siswa yang perlu diwaspadai sebagai pertimbangkan berkonsultasi dengan psikolog. Terutama ketika muncul perilaku-perilaku yang tidak biasa terjadi.

Ini 4 perubahan perilaku yang perlu diperhatikan:

1. Anak-anak yang biasanya ceria lalu tiba-tiba menjadi murung dan tampak menarik diri. Jika hal ini terjadi, orangtua bisa mengajak anak untuk berbicara.

2. Perilaku lain misalnya anak mulai menyakiti diri sendiri dan lebih sering menangis daripada biasanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X