Kompas.com - 06/03/2021, 11:27 WIB
Kemendikbud Luncurkan Logo Kampus Merdeka Dok. KemendikbudKemendikbud Luncurkan Logo Kampus Merdeka
|

KOMPAS.com - Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) harus dimanfaatkan secara optimal oleh mahasiswa.

Melalui program ini, mahasiswa diberi kesempatan memperoleh pengetahuan tidak hanya dari bangku perkuliahan saja. Tapi juga dari beberapa program yang bisa dilakukan di luar kampus.

Belum tahu apa saja sih kegiatan pembelajaran dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka? Yuk kita simak bersama ulasan ini.

Merangkum akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (@ditjen.dikti), ada 8 kegiatan dalam MBKM.

Baca juga: Kedaireka, Jembatan Perkuat Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri

1. Pertukaran pelajar

Beberapa bentuk kegiatan belajar yang bisa dilakukan dalam kerangka pertukaran belajar adalah pertukaran pelajar antarprogram studi pada perguruan tinggi yang sama.

Selain itu ada program pertukaran pelajar dalam program studi yang sama pada perguruan tinggi yang berbeda. Ada juga pertukaran pelajar antarprogram studi pada perguruan tinggi yang berbeda.

2. Magang atau praktik kerja

Melalui progam ini, mahasiswa punya kesempatan merasakan pengalaman terjun langsung di dunia kerja. Secara umum penyetaraan bobot kegiatan magang atau praktik kerja dapat dikelompokkan menjadi 2 bentuk yaitu bentuk bebas (free form). Kegiatan ini disetarakan dengan 20 SKS tanpa penyetaraan daengan mata kuliah.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Cara Kelola Kesehatan Mental Selama Kuliah Daring

Ada juga bentuk berstruktur (structured form). Kegiatan ini disetarakan dengan 20 SKS beserta penyetaraan dengan mata kuliah yang kompetensinya sejalan dengan kegiatan magang.

3. Asisten mengajar di satuan pendidikan

Jika kalian punya minat di dunia mengajar, program ini bisa kalian manfaatkan sebaik mungkin. Kegiatan pembelajaran dalam bentuk asistensi mengajar bisa dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan. 

Baik itu di sekolah dasar, menengah maupun atas. Sekolah tempat praktik mengajar bisa berada di lokasi kota maupun di daerah terpencil.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X