Kompas.com - 19/03/2021, 18:41 WIB
Ilustrasi asam urat ThamKCIlustrasi asam urat
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, pasti akan muncul keluhan penyakit seperti asam urat.

Asam urat secara ilmiah dinamakan goat yang muncul akibat kandungan kadar asam urat dalam darah yang melampaui batas normal.

Baca juga: Pakar IPB: Minum Air Putih Ternyata Dapat 5 Manfaat

Apabila asam urat ke seluruh tubuh tentunya tidak menyenangkan dan bahkan dapat berakibat fatal. Umumnya perempuan lebih berisiko terkena asam urat.

Indonesia sebagai negara megadiversitas, tentunya memiliki berbagai tanaman herbal lokal yang berkhasiat sebagai obat asam urat yang mudah ditanam di halaman rumah.

Guru Besar IPB Departemen Kimia, Dyah Iswantini mengatakan, terdapat beberapa tanaman herbal yang dapat berkhasiat sebagai obat penyembuh asam urat.

Tanaman herbal lokal, kata dia, seperti sidaguri, kaya akan kandungan alkaloid dan tanin.

Alkaloid adalah sebuah golongan senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat pada tumbuhan.

Sedangkan tanin adalah suatu senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan, berasa pahit dan kelat, yang bereaksi menggumpalkan protein atau berbagai senyawa organik lainnya termasuk asam amino dan alkaloid.

Pastinya, tanaman sidaguri ini berkhasiat sebagai obat diuretik dan analgesik.

"Dengan tambahan seledri dan tempuyung, obat asam urat herbal ini dapat bersifat sama seperti allopurinol yang dapat menghambat enzim xanthin oksidase," ucap dia melansir laman IPB, Jumat (19/3/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X